Richard Louhenapessy Pimpin Upacara Hut Kota Ambon ke 446

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Walikota Ambon Richard Louhenapessy memimpin Upacara Peringatan HUT Ke 446 Kota Ambon Tahun 2021, upacara tersebut di gelar secara gabungan,ada pejabat yang hadir secara langsung di lapangan merdeka dan ada pula secara Virtual Selasa (07/09/2021).

Walaupun di guyur hujan deras yang turun di Kota Ambon upacara berjalan khidmat.

Upacara yang kental dengan nuansa etnis ini dipusatkan di Lapangan Merdeka dan dipimpin langsung oleh Walikota (Upulatu) Kota Ambon, Richard Louhenapessy, selaku inspektur, dan Camat Teluk Ambon, Imelda Tahalele selaku kapitan.

Dalam sambutan Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan hari ini pemerintah dan masyarakat kota Ambon harus bersyukur karena kota Ambon telah menginjak usia ke 446 Tahun. Itu semua, diakuinya karena penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa

Kalo (Jika) katong (kita) ada sampai hari ini, itu tagal (karena) Tuhan Allah pung (punya) piara (penyertaan),”kata Upalatu dalam logat melayu-Ambon.

 

Dikatakan, karena pandemi Covid-19 tidak banyak kegiatan meriah yang dilaksanakan menyongsong HUT Kota Ambon, seperti Amboina Music Carnaval, Lomba Baris Indah dan Lomba Empang, makan patita di desa/negeri dan kelurahan, namun itu semua tidak mengurangi rasa syukur atas pertambahan usia kota ini menjadi 446 tahun.

Upulatu mengakui, ungkapan syukur dilaksanakan dalam kegiatan Doa Untuk Ambon yang merupakan kegiatan terpenting dalam rangkaian HUT Kota Ambon.

“Sombayang (doa) voor (untuk) Ambon, samua (semua) angka (mengangkat) hati, satu hati bilang (katakan) dangke banya (terima kasih banyak) par Tuhan Allah, yang su jaga kota selama ini,” terangnya.

Dikatakannya,tema Hut yang di ambil tahun ini adalah “Ambon Tangguh” yang menjadi harapan dan keinginan Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon agar memiliki nilai – nilai ketangguhan menghadapi tantangan terutama Pandemi Covid-19,”ujar Louhenapessy saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan ulang tahun kota Ambon tersebut.

Baca Juga:  Koramil 1504/01 Baguala dan Warga Nania Laksanakan Kerja Bakti Bersama 

Jang (jangan) koro (ciut), jang undur (mundur) mari toma (bergerak) maju karena katong pernah hadapi yang lebe(lebih) berat dari ini,”tambahnya.

berharap setelah pandemi Covid-19 berlalu, Kota Ambon akan menjadi kota yang lebih baik. Ia menyadari bahwa masa pandemi tak mudah dan penuh tantangan.

Richard kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. “Kita perlu disiplin, perlu memastikan bahwa setiap kita menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, paling kecil melindungi diri, keluarga dengan mengikuti seluruh prokes,” tutur dia.

HUT Ke-446 Kota Ambon, kata Upulatu, menjadi yang terakhir baginya dan Wakil Walikota (Wakil Upulatu) Syarif Hadler, serta Sekretaris (Juru Tulis) Kota Ambon, A.G Latuheru, untuk itu dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Jan De Fretes, Ketua Dewan Pegurus APEKSI, yang juga Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, serta unsur Forkopimda Maluku dan Kota Ambon.(SNI-06).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *