Tingkatkan Ekonomi dan Kesehatan, Kodam Pattimura Teken Kerjasama Dengan Universitas Pattimura

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima kehadiran Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum di Lobby Makodam, Selasa (08/03/2022).

Kedatangan Rektor Universitas Pattimura tersebut bertujuan untuk Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kodam XVI/Pattimura dengan Universitas Pattimura.

Bacaan Lainnya

Acara perjanjian kerjasama dilakukan sebagai upaya untuk membangun ketahanan pangan, meningkatkan perekonomian melalui sektor perikanan dan kelautan serta pemenuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Maluku.

“Maluku merupakan wilayah yang memiliki potensi kekayaan alam melimpah, baik pada sektor pertanian maupun perikanan. Kedua sektor tersebut berpotensi besar sebagai sektor unggulan dan penggerak utama untuk meningkatkan perekonomian Maluku” kata Pangdam.

Dengan adanya pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir berdampak pada sektor perekonomian masyarakat, utamanya sektor pertanian, perikanan dan pelayanan kesehatan.

Penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang kesehatan antara Kodam XVI/ Pattimura dan Universitas Pattimura, berfokus dalam pelaksanaan program kegiatan untuk pelayanan dan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

Sedangkan perjanjian lainnya berisi program ketahanan pangan, mengolah lahan untuk ditanami sayur- sayuran dan pembudidayaan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengapresiasi kesediaan Universitas Pattimura dalam menjalin kerjasama ini sebagai langkah konkret pemulihan ekonomi dan peningkatan layanan kesehatan masyarakat” jelas Pangdam.

Dalam pertemuan itu, Pangdam juga memperkenalkan program yang digagasnya, Mutiara Pattimura, yang berisi kegiatan- kegiatan inovatif, konstruktif dalam wewujudkan kebersamaan dlm keberanekaragaman dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat bersinergi dengan semua stakeholder terkait.

Pangdam berharap dengan pengelolaan potensi yang ada, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat mengurangi terjadinya gesekan dan konflik ditengah masyarakat, sebagaimana yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Pangdam Pattimura Resmi Dijabat Mayjen TNI Bambang Ismawan

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pattimura M. Saptenno menjelaskan pihaknya telah menerapkan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar- Kampus Merdeka) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuan.

“Kami harapkan, universitas Pattimura bersama Kodam XVI/ Pattimura dapat saling berkolaborasi, untuk kepentingan masyarakat” harap Rektor.

Rektor juga menambahkan Universitas Pattimura menyambut baik dan menjalin kerjasama dengan Kodam XVI/ Pattimura.

Beberapa pejabat turut hadir dalam penandatanganan perjanjian kerjasama diantaranya Irdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw dan beberapa asisten Kasdam XVI/ Pattimura.

Sedangkan selain para Wakil Rektor Unpatti, hadir Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dekan Fakultas Pertanian dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan. (SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.