Festival Sahur Song Batu Merah Resmi Dimulai, BMW: Semoga Festival Ini Terus Digelar

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Festival Sahur Song Batu Merah resmi dimulai. Dengan mengusung tema: Indahnya kebaikan dalam birama dan indahnya Ramadhan meraih takwa, untuk membangkitkan kembali semangat meraih takwa dan akhlak mulia.

Festival ini dipusatkan di lapangan Hatukau, Galunggung, Jumat (7/4/2023) malam. Ketua DPP Partai Demokrat, DR Michael Wattimena, SE, SH, MM menjadi partnership utama Batu Merah Sahur Song Festival Ramadhan 2023.

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan Rebana dan tifa oleh Raja Negeri BatuMerah, Bung Michael Wattimena, Asisten II Pemkot Ambon, dan Anggota DPR RI Saadiyah Uluputty.

Festival Batumerah Sahur Song 2023 ini diikuti 24 peserta yang berasal dari Kota Ambon. Penyelenggaraan festival akan berlangsung hingga Minggu (9/4/2023) mendatang.

Doc Foto: “Peserta Nomor 06 Dari Remaja Masjid AL’Mutaqim Asmil Batu Merah Dalam.”

Bung Michael wattimena dalam sambutannya mengatakan kegiatan dalam bentuk ide gagasan yang cerdas yang disampaikan oleh seorang pimpinan maka wajib hukumnya kita sebagai anak-anak negeri untuk mendukung kegiatan dimaksud.

“Kegiatan ini muncul saat kami berkesempatan bertemu dengan Ina Latu beserta ibu-ibu pengajian dari kampung Batu Merah. Ada kunjungan ke Jakarta saat itu. Maka dari situlah muncul ide-ide cerdas dari ibu Raja Batu Merah, sehingga ada pelaksanaan kegiatan hari ini,”katanya.

Wattimena juga mengungkapkan semoga doa bapak/ibu semua bisa membuat dirinya menjadi anggota DPR RI dari Dapil Maluku.

“Kita yakin bahwa doa banyak orang yang disampaikan apalagi dalam suasana Ramadan pada hari ini pasti pintu-pintu surga itu akan terbuka dengan doa yang tulus daripada bapak-ibu sekalian,”ungkapnya.

Wattimena juga menyampaikan kepada 24 peserta lakukanlah kreasi yang terbaik untuk meraih juara pada tanggal (9/4/23) nanti.

Baca Juga:  Murid SD Taniwel P. Seram : Kami Ingin Pak Agus Elly Mengajar

“Jadi tidak terhenti disini saja. Saya berharap kegiatan ini terus digelar 2024 dan 2025 mendatang, bahkan digelar seterusnya,”harapnya.

Pj Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Pemerintah Kota Ambon Fahmi Sallatalohy mengatakan upaya kelompok masyarakat adat Negeri batu merah dan generasi muda yang hari ini menyelenggarakan festival sahur song patut kita apresiasi dan dukung bersama.

“Mengingat di era globalisasi saat ini, kepedulian generasi muda untuk terus mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya dan agama sebagai jati diri dan karakter bangsa, menjadi sesuatu yang langka, bahkan cenderung menurun,”katanya.

Selaku Walikota Ambon dirinya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat negeri Batu Merah yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

“Penyelenggaraan festival Sahur Song ini Negeri Batu Merah di hari ini tentu memiliki keistimewaan tersendiri, mengingat dilaksanakan di tengah-tengah umat muslim yang sementara larut dalam menjalankan berbagai amal ibadah di bulan Ramadan, sehingga tradisi lagu-lagu sahur telah menjadi Khasanah budaya Islam yang mengandung unsur-unsur syiar dan dakwah dari ajaran Islam,”ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini turut berkontribusi untuk memberi semangat dan gairah tersendiri dalam meningkatkan ibadah sekaligus memperkenalkan seni dan budaya Islam untuk generasi muda Islam di Kota Ambon. Sehingga kegiatan-kegiatan pelestarian budaya dan keagamaan di saat ini semakin menambah nilai positif terhadap upaya pemerintah kota Ambon dalam pemeliharaan seni budaya dan peningkatan nilai-nilai spiritualitas masyarakat kota Ambon.

“Saya juga mengajak kita semua untuk senantiasa meningkatkan kuantitas dan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa. Kami yakini bahwa dengan meningkatnya nilai-nilai spiritualitas dari setiap warga kota ini, dapat berkontribusi langsung dalam upaya kita mewujudkan Kota Ambon yang harmonis Sejahtera dan religius, Kota Ambon yang aman, rukun dan damai dalam semangat hidup orang bersaudara,”ungkapnya.

Baca Juga:  Hasil Survei Citra Naik 73,1%, Polri Terus Genjot Kinerja dan Pelayanan Publik untuk Masyarakat

Dia juga berpesan khususnya kepada para peserta yang akan mengikuti festival sahur song, agar senantiasa mengutamakan nilai-nilai persaudaraan, silaturahmi dan Ibadah dalam mengikuti ajang ini.

“Menjadi juara bukanlah tujuan yang utama, tetapi semangat kita dalam mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya Islam masyarakat Maluku yang mengandung syiar dan dakwah islam inilah yang menjadi tujuan kita bersama. Semoga kegiatannya berjalan sukses sampai dengan melahirkan para peserta terbaik yang menjadi kebanggaan kita semua. Kepada dewan juri yang terpilih , bekerjalah dengan jujur, amanah, dan penuh rasa tanggung jawab,”harapnya.

Sementara itu, Raja Negeri Batu Merah Nurlette mengatakan sebagai generasi muda Islam kalian memang diharapkan mampu mengemban amanah untuk menyebarkan Islam di bumi Allah tidak hanya dengan ilmu namun juga dengan Teladan Mulia sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Maka dari itu ikutilah kegiatan Batumerah Hahur Song Festival Ramadhan 2023 ini dengan tertib sportif dengan semangat, seraya mengharap ridho dan keberkahan dari Allah SWT,”harapnya.

Pada kesempatan itu, BMW bersama paduan suara gerejani turut meramaikan festival dengan menyanyikan dua lagu shalawat bernafaskan Islam.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten II Pemkot Ambon Fahmi Salatalohy mewakili Penjabat Walikota Ambon, Aster Kodam XVI Pattimura, anggota DPR RI Saadiyah Uluputty, anggota DPRD Provinsi Maluku. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *