60 Mahasiswa FPIK Unpatti di Yudisium

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Periode Desember 2022 Hingga April 2023, yang berlangsung di Ruang Seminar FPIK, Kamis (13/4/23).

Penyerahan Plakat dan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si diberikan kepada 2 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

1. Daniela Myleenda Polnaya, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,77.

2. Ninfit Tuankotta, S.Pi, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, IPK 3,66.

Mewakili lulusan Daniela Myleenda Polnaya, S.Pi mengatakan Dengan dikukuhkanya kita sebagai lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura pada hari ini, bukan berarti perjuangan kita sampai disini, melainkan pijakan awal bagi kita dalam menghadapi kerasnya kehidupan yang sebenarnya.

“Ingatlah, kepintaran bukan hanya sebagai penentu keberhasilan semata, namun usaha dan kerja keras yang kita lakukan tetap berporos pada ilmu yang kita tekuni sejak awal sehingga apa yang menjadi target dapat membuahkan hasil. Belajar dari hari kemarin, hidup untuk hari ini, berharap untuk besok. Jadikanlah hari kemarin sebagai tolak ukur untuk hari ini dan kehidupan di hari ini sebagai tolak ukur untuk hari esok yang penuh harapan”, katanya.

Ia menambahkan happines is not something readymade, it comes from your own action.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum saat memberikan sambutan mengatakan, sebagai sarjana perikanan pastinya memiliki cita-cita untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Senada dengan hal tersebut para lulusan FPIK Unpatti harus mampu bersaing, berinovasi dan berkreativitas untuk dapat menciptakan peluang kerja.

Baca Juga:  Jaga Keamanan, Polsek Amahai dan Pemneg Haruru Gelar Bacarita Kamtibmas

“Sarjana perikanan harus dapat melihat peluang kerja dan mengambilnya untuk pengembangan ilmu yang diterima selama menempuh pendidikan di FPIK Unpatti. Sumber Daya Alam di Maluku khususnya di sektor perikanan harus mamapu dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, kata Dr. Tjiptabudy.

Ia juga berharap para lulusan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, tetapi juga dapat berkontribusi langsung untuk menjawab tantangan pembangunan sektor perikanan.

“Kembangkan ilmu yang telah anda pelajari selama mengikuti proses pendidikan di FPIK Unpatti, mulailah untuk mengembangkan bakat anda, jadilah inspirasi dibidang ilmu perikanan sehingga melalui inovasi yang anda buat dapat menjawab tantangan pembangunan sektor perikanan” harapnya.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si mengatakan, kita patutut bersyukur karena Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura boleh melaksanakan momentum penting dan bersejarah yaitu rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka yudisium dan penggelaran sarjana bagi 60 lulusan.

Variasi lulusan per-angkatan periode Desember 2022 hingga April 2023 sangatlah beragam, hal ini tentunya menjadi catatan penting untuk dijadikan bahan evaluasi oleh pimpinan jurusan dan program studi.

“Pencapaian lulusan saat ini merupakan hasil kerja keras bersama karena apapun yang dikerjakan harus merujuk kepada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU). Perlu membangun koordinasi yang baik dari pihak internal maupun eksternal agar IKU dapat tercapai”, katanya.

Menurutnya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah memiliki satu program studi terakreditasi unggul yaitu Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, kita berharap kedepannya Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dapat terakreditasi unggul.

Ia terus berharap agar para lulusan tidak hanya berfokus untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, tetapi dapat memanfaatkan peluang di bidang perikanan dan kelautan yang bisa dijadikan sebagai interpreneurship atau wirausaha, supaya dapat memberikan kontribusi bagi FPIK Unpatti. (SNI-01)

Baca Juga:  Polsek Leihitu Barat Gelar Kegiatan Mangente Basudara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *