Imam Besar Masjid Alfatah Ambon Imbau Masyarakat Jaga Prokes di Hari Raya Idul Adha

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID : Hari Raya Idul Adha jatuh pada 20 Juli 2021, namun pelaksanaannya akan berbeda karena masih dalam situasi pandemi COVID-19 .

Sehubungan dengan semakin meluasnya penyebaran COVID-19 dengan varian barunya di Indonesia, maka Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan strategis tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Diperketat untuk Kota Ambon.

Untuk itu, Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, KH. RR Hasanussy menyampaikan bahwa sholat idhul Adha di adakan di Masjid Raya Al-Fatah Ambon pada Selasa (20/7/2021) pagi pukul 08:00 WIT sampai selesai dengan menaati Protokol Kesehatan (Prokes).

“Iman dan khotib sudah saya tentukan dan telah diarahkan untuk tidak terlalu panjang khotbahnya. Kalau cuaca baik kita akan lakukan sembelih hewan kurban, kalau cuaca jelek dan turun hujan maka kita tunda besoknya kalau bisa sampai tiga hari kedepan,”ungkapnya pada suaranusaina.id saat di wawancarai di Halaman Masjid Al-Fatah Ambon pada senin (19/7/2021).

Ia menjelaskan untuk protokol kesehatannya tetap pihaknya jalankan sesuai aturan pemerintah dan tidak pernah di ubah-ubah, apalagi sementara sholat biasa saja pihaknya tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

“Kalau hujan tidak usah sholat, kalau perlu saya yang akan berikan pengumuman bahwa jangan warga datang sholat karena hujan. Dikarenakan harus memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan juga menjaga jarak,”jelasnya.

“Inikan hujan mana mungkin saat hujan mereka bisa menjaga jarak, untuk itu saya minta sama Allah supaya hujan karena kalau hujan insya Allah tidak ada yang datang sholat. Kalau perlu saya akan bicara langsung kepada masyarakat tidak usah datang sholat ke masjid dirumah saja karena hujan. Walaupun itu arahan dari Gubernur Maluku langsung,”tambahnya.

Baca Juga:  Menjelang HUT Korem Binaiya, Korem Gerakan Aksi Bersih Pantai dan Laut

Ia mengungkapkan dikarenakan hujan, Allah sendiri yang bilang kalau hujan tidak usah sholat tidak berdosa atau karena halangan untuk sholat tidak bisa karena hujan dan tidak sholat itu berdosa yang diatur agama.

“Jadi saya minta semoga besok hujan Supaya tidak ada masalah dan tidak ada wartawan atau siapapun tanya bapak tadi yang melakukan sholat idul adha sebanyak berapa orang dan sebagainya,”ungkapnya.

“Tidak masuk akal dan bodoh kalau hujan orang datang sholat, nanti kalau mereka sakit berarti salah mereka sendiri. Saya imbau lebih baik sholat dirumah saja kalau hujan,”pintanya. (SNI-06)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *