Terkait Konflik Wakal, Sekneg Tarik Pernyataannya Yang Tidak Benar

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Sekretaris Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Akmal Samal, menarik pernyataannya di media Kompas.com. Ia menuding polisi dibalik tewasnya Muhamad Temarwut yang tertembak di bagian dada.

Dalam pernyataannya di media Kompas.com, pada Selasa (28/2/2023), Akmal Samal mengaku kalau polisi tiba-tiba masuk ke dalam negeri (desa) tapi rata-rata itu Brimob lalu melepaskan rentetan tembakan dan mengenai bagian dada korban (Muhamad Temarwut).

Atas pernyataannya tersebut, Akmal Samal melalui rekaman video yang dibuat pada Jumat (3/3/2023), mengaku mengklarifikasi dan mencabut pernyataannya itu.

“Saya atas nama Akmal Samal selaku sekretaris Negeri Wakal dengan ini mengklarifikasi keterangan saya yang dimuat atau diterbitkan pada media Kompas.com pada tanggal 28 Februari 2023 yang berjudul sopir angkot di Wakal tewas diduga tertembak polisi yang halau bentrok massa,”ungkap Akmal.

Menurut Akmal, yang mana dalam muatan redaksi tersebut saya tidak bermaksud menyimpulkan dan menuduh bahwa anggota Brimob menembak saudara Muhammad Termawut, namun dalam muatan tersebut harusnya menggunakan asas praduga tak bersalah yang harus dibuktikan kebenarannya.

“Pada hari ini saya juga telah melakukan klarifikasi atas berita tersebut kepada wartawan Kompas.com agar redaksinya dapat dirubah, dan sudah ditanggapi. Namun masih menunggu persetujuan tim redaksi di Jakarta untuk dapat menerbitkan klarifikasinya,”kata Akmal Samal melalui video yang dibuatnya tersebut.

Dalam pernyataannya Akmal, menjelaskan  klarifikasi ini dia buat tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak manapun.

Selain memberikan klarifikasi dan mencabut pernyataannya, Akmal Samal juga mengaku memberikan dukungan penuh kepada Kapolda Maluku beserta jajarannya, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Akmal juga memberikan dukungan penuh  agar segera mengusut tuntas permasalahan konflik yang ada di negeri Wakal, mulai dari awal akar permasalahan sampai dengan kejadian-kejadian berikutnya. Sehingga bisa tercipta kedamaian dan kenyamanan yang ada di negeri Wakal, negeri Hitu, kecamatan Leihitu secara khusus dan Maluku pada umumnya.

Baca Juga:  SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional

“Selaku sekretaris negeri Wakal, saya sangat mendukung kinerja Kapolda Maluku untuk menegakkan sebuah kebenaran demi kenyamanan masyarakat Maluku,” pintanya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *