Tidak Ada Kenaikan UKT, Nabung 7.500 Per hari Sudah Bisa Bayar Uang Kuliah di UT

  • Whatsapp
oppo_1024

SNI.ID, AMBON : Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori menjelaskan bahwa di Universitas Terbuka (UT) tidak ada kenaikan UKT. Setelah sebelumnya sempat ramai beberapa pekan terakhir tentang kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di beberapa perguruan tinggi negeri.

“Dalam beberapa tahun terakhir uang kuliah di UT tetap stabil. Tidak ada kenaikan UKT di UT Ambon, biaya kuliah di UT sangat terjangkau. Bahkan kami istilahkan untuk biaya kuliah terendah di UT cukup menabung 7.500 rupiah per hari sudah bisa membayar uang kuliah untuk satu semester bagi mereka yang mengambil sistem paket semester (Sipas) dan itu sudah termasuk buku materi pokok atau biasa disebut modul,” jelas Anshori kepada wartawan di Aula Kantor UT Ambon, Jumat (7/6/24).

Menurut Anshori, pendidikan inklusif menjadi kepedulian utama UT untuk masyarakat Maluku. Biaya yang tergolong murah tetapi kualitas pendidikan tidak murahan karena UT menerapkan standar mutu tinggi. Semua Program Studi baik di jenjang Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral terakreditasi BAN-PT yakni akreditasi A maupun B. Bahkan ada 4 Prodi di UT yang sudah terakreditasi internasional yaitu S1 Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Hukum.

Foto Doc : “Para pegawai Universitas Terbuka Ambon bersama awak media mengikuti lomba sepak bola penalti dan mengikuti materi yang di bawakan oleh Direktur Universitas Terbuka Ambon,”.

“Soal biaya pasti terjangkau. Di UT juga untuk admisi atau pendaftaran awal hanya 100 ribu rupiah, tidak ada uang gedung, sumbangan pengembangan institusi atau biaya lainnya. Tidak hanya itu, untuk program diploma dan sarjana tidak ada tes masuk. Yang penting punya ijazah SLTA sederajat termasuk Paket C bisa menjadi mahasiswa UT, dan tidak melihat tahun ijazah dari SLTA ataupun Paket C tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga:  IKMANEMA Maluku Gelar Diskusi Publik dan Silaturahmi Akbar Nelayan Sekota Ambon

Ia menambahkan saat ini UT Ambon membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga tanggal 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C).

“Sementara jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau alih kredit pendaftaran hingga 10 Juli 2024. Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),”tambahnya.

Untuk diketahui, Info pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id ataupun melalui nomor layanan 081240791988. Pendaftaran secara online bisa melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Sementara itu, Universitas Terbuka Ambon juga menggelar beberapa kegiatan bersama awak media yang bertugas di Universitas Terbuka. Kegiatan yang digelar yaitu: Senam Bersama, Lomba Tendang Bola Penalti, Pembawaan Materi oleh Direktur Universitas Terbuka Ambon dan Pemberian hadiah lomba kepada pemenang. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *