PKM Kelompok Usaha Hidrophonik FISIP Panen Perdana 100 Pohon Sawi Sendok

  • Whatsapp

Ambon, SNI.ID – Kelompok usaha hidroponik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melaksanakan panen perdana 100 pohon sawi sendok, di Walang Hidrophonik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura, Rabu (3/3/21).

Program Kewirausahaan Mahasiswa merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan harapan mendorong munculnya jiwa wirausaha mahasiswa sejak dini dan terbimbing dan tentunya berorientasi pada IPTEK.

Bacaan Lainnya

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Dr. T. D.Pariela, MA, memberikan apresiasi atas kinerja bidang kemahasiswaan dan alumni untuk program kewirausahaan mahasiswa yang saat ini dilaksanakan, sehingga mahasiswa mampu membuat usaha ekonomi produktif Hidrophonik secara kreatif.

Dekan mengucapkan terimakasih kepada pimpinan universitas yang memberi kesempatan dan mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas dan usaha lainnya, yang memungkinkan para mahasiswa mendaptkan pengalaman yang unik ini diluar wilayah kompentensi keilmuan dari teman-teman mahasiswa tetapi kelompok usaha hidroponik ini penting karena bersentuhan dengan dunia nyata dan aktivitas ekonomi produktif adalah sebuah pengalaman penting yang harus dialami.

Prof. Pariela juga berharap kegiatan seperti ini bisa terus dan berkelanjutan, kepada Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan bisa membantu teman-teman mahasiswa untuk menata pengelolannya agar kelompok usaha hidrophonik ini bisa berkembang dan diwariskan kepada para mahasiswa lainnya, juga nantinya memungkinkan pembentukan kelompok usaha lainnya, agar para mahasiswa mengembangkan pengetahuan tambahan khususnya untuk usaha ekonomi produktif.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutanya sekaligus membuka panen perdana mengatakan Program Kewirausahaan Mahasiswa kelompok usaha hidrophonik merupakan sebuah program nasional dimana mahasiswa harus punya kemampuan kompetensi tambahan yang didapatkan diluar ruang kuliah berdasarkan kurikulum dari masing-masing program studi yang ada, dan ini bagian dari upaya pengembangan karakter kewirausahaan mahasiswa yang diharapkan bisa mengahasilkan para wirausaha muda di waktu yang akan datang.

Baca Juga:  Pangdam Pattimura Beri Pengarahan Kepada Prajurit dan PNS Wilayah Masohi

Dr. Jusuf berharap kelompok usaha hidrophonik FISIP bisa menjadi pemicu dan ditularkan kepada teman-teman mahasiswa yang lain untuk bisa bergabung dalam kelompok usaha ini.

Tambahnya, kepada Dekan dan WD III FISIP dalam perencanaan anggaran Fakultas bisa memberikan sedikit bantuan dana kepada teman-teman mahasiswa dalam mengembangkan karakter kewirausahannya, membentuk kelompok –kelompok usaha yang lain sehingga mahasiswa yang diluluskan tidak hanya menunggu pekerjaan tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Walang hidrophonik FISIP bisa melakukan pengembangan terhadap usaha ini dari sisi penyediaan lahan, sehingga bukan hanya memproduksi jenis sawi mangkok saja tetapi juga jenis sayuran yang lainnya,”harapnya.

Dr. Madubun juga memberikan apresiasi kepada kelompok usaha hidrophonik FISIP yang sudah menunjukan keseriusannya dalam melakukan usaha ini, dan nantinya akan semakin baik pada panen-panen berikutnya.

Turut hadir dalam PKM Unpatti Bidang usaha Hidrophonik FISIP Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan Fakultas ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Dr. Y. Rahawarin, M.Ag, ketua BEM FISIP dan para anggota kelompok usaha hodrophonik FISIP.  (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *