Wawali Lepas Kafilah Kota Ambon, Ikuti MTQ Provinsi Maluku

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kafilah Kota Ambon telah siap mengikuti MTQ Ke-29 Tingkat Provinsi Maluku, yang akan berlangsung 17 – 24 Maret 2022 di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Kesiapan itu tergambar dalam acara pelepasan Kafilah Kota Ambon dibawah pimpinan Sekretaris Kota (Sekot) Agus Ririmasse, oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler, Senin (14/3/2022) di Balai Kota.

Wawali dalam sambutannnya menyatakan apresiasi yang tinggi kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Ambon, atas teselenggaranya MTQ kota Ambon beberapa waktu lalu yang menghasilkan para juara yang akan mewakili kota Ambon pada lomba tingkat provinsi.

“MTQ tingkat Kota Ambon yang diselenggarakan tahun 2021 lalu, menghasilkan predikat juara 1, 2, dan 3, maupun juara harapan 1, 2, dan 3, merupakan aset dan potensi yang dimiliki Kota Ambon dan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan dalam persiapan menuju MTQ Provinsi, kafilah Kota Ambon perlu dukungan dalam hal pembinaan dan pelatihan, agar dapat mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki.

“Tidak semata-mata untuk berlatih membaca Al-Quran saja akan tetapi sebagai jalan untuk mengedukasi umat Islam agar semakin mencintai dan membumikan Al-Quran, yang sangat penting untuk menyempurnakan akhlak kaum Muslimin dan Muslimat,”kata dia.

Menurut Wawali, pelaksanaan MTQ Ke-29 tingkat Provinsi Maluku yang dilaksanakan di Saumlaki – KKT, memiliki keunikan tersendiri, pasalnya penduduk KKT mayoritas beragama Katolik dan Kristen Protestan, dan hanya 4 persen beragama Islam.

“Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat luar biasa, sehingga kegiatan yang berlangsung disana menunjukan tingkat toleransi yang tinggi sebagaimana di kota ambon, bahkan lebih dari kota ambon. Hal ini menjadi spirit kita untuk berlomba mengibarkan panji kota ambon agar pulang membawa hasil yang memuaskan,” bebernya.

Baca Juga:  Pesan Kasdam pada Tradisi Pukul Sapu Mamala- Morella: Pahami Sejarah dan Pererat Tali Persaudaraan

Wawali berharap, Kafilah kota Ambon dapat bersungguh – sungguh dalam mengikuti perlombaan, sehingga target pencapaian yang setinggi-tingginya dapat diraih, dengan menampilkan yang terbaik dari seluruh potensi dan talenta yang dimiliki.

“Jauh daripada itu dengan semangat yang tinggi, kita ciptakan kompetisi yang sehat, dan dalam berkompetisi kita selalu ada dalam suasana keakraban dan persaudaraan,” tandasnya.

Sementara itu, ketua LPTQ Kota Ambon, Syarif Bakri Asyathry, dalam laporannya menjelaskan, seluruh kafilah kota Ambon telah mempersiapkan diri baik secara mental, fisik, maupun kesiapan lainnya untuk mengikuti dan memenangkan lomba.

“Kami mengharapkan doa dari seluruh masyarakat kota Ambon bagi kafilah, apalagi MTQ kali ini menjadi reputasi pertama dari Sekot sebagai ketua Kafilah. Dimana kita yakini dengan barokah-Nya Ambon akan menjadi juara,” pungkas dia. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.