Jelang HUT TNI Ke 77, TNI Gelar Pameran Alutsista

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Danlantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Said Latuconsina membuka secara resmi pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) yang diadakan di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, pada Sabtu (01/10/2022).

Pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) TNI Tahun 2022 ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI yang ke-77.

Danlantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Said Latuconsina dalam sambutannya mengatakan, Pameran Alutsista ini diselenggarakan sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia yang memberikan kepercayaan kepada TNI dalam melaksanakan tugas pertahanan Negara.

Ia menjelaskan, dalam membentuk tentara yang profesional, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang memenuhi syarat dan tentunya setelah itu SDM yg sudah ada ini perlu dididik dan dilengkapi dengan persenjataan serta dijamin kesejahteraannya.

“Persenjataan yang dimiliki tentunya diawaki oleh para prajurit profesional yang menjadi salah satu faktor penggetar bagi siapa saja yang memiliki niat tidak baik untuk mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Danlantamal IX Ambon.

Dalam pameran Alutsista TNI ini menghadirkan persenjataan dan peralatan pendukung lainnya yang dimiliki oleh satuan TNI khususnya yang berada di Provinsi Maluku baik dari Matra Darat, Laut, maupun Udara, dalam hal ini dari Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, dan dari Lanud Pattimura.

Danlantamal IX Ambon juga menjelaskan, bahwa sesuai dengan salah satu tugas TNI yaitu menjamin pertahanan Negara dan tetap tegaknya NKRI. Maka dengan adanya pameran Alutsista ini, ada tiga hal yang bisa kita ambil yaitu, pertama memperkenalkan Alutsista pada seluruh masyarakat khususnya di Kota Ambon, agar mereka dapat mengetahui apa saja persenjataan yang dimiliki oleh jajaran TNI di Maluku, baik Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, dan Lanud Pattimura.

Baca Juga:  Midya MI Beri Motivasi kepada Mahasiswa Hadapi Era Modern

Kedua, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama bagi anak muda kita baik itu anak-anak sekolah maupun mahasiswa, agar menjadi salah satu pengetahuan bagi mereka. Dan yang ketiga, untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat dan kepercayaan masyarakat kepada TNI.

“Selaras dengan tema HUT TNI Ke-77 Tahun 2022, yaitu “TNI ADALAH KITA”. Maka kami berharap momen pameran Alutsista ini dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat kepada TNI. Ibu kandung TNI adalah Rakyat dan manunggalnya TNI dengan rakyat adalah kekuatan yang sangat luar biasa dalam menjaga keutuhan NKRI,” harap Danlantamal IX Ambon.

Pada kesempatan yang sama saat diwawancarai oleh wartawan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, juga mengatakan bahwa TNI berasal dari rakyat, untuk rakyat, dan bersama rakyat.

“Ini kami pertanggungjawabkan kepada publik dan masyarakat bahwa inilah dari rakyat untuk kami, jadi artinya tidak kami salah gunakan. Karena ini adalah semua dari rakyat, bentuknya seperti ini ada yang dalam bentuk barang, jasa, belanja modal, belanja barang,” kata Pangdam.

Rangkaian acara pameran Alutsista ini diawali dengan Doa, selanjutnya Sambutan oleh Danlantamal IX Ambon sekaligus penekanan tombol sirine sebagai tanda dibukanya pameran Alutsista, adapun penampilan tarian Saureka Reka, kemudian Pengguntingan Pita, dan dilanjutkan dengan mengunjungi stand-stand dalam pameran Alutsista.

Adapun beberapa stand yang dipamerkan diantaranya stand dari Pendam XVI/Pattimura, Stand perwakilan BKKBN Provinsi Maluku TNI MANUNGGAL KB-BANGGAKENCANA, Stand Denkav-5/BLO, Stand Korem 151/Binaiya, Stand Bekangdam XVI/Pattimura, Stand Lantamal IX, Stand Mutiara Pattimura, dan masih banyak lagi.

Selain Danlantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Said Latuconsina, pembukaan Pameran Alutsista 2022 juga turut dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Danlanud Pattimura, Kepala Zona Bakamla Timur, Danrem 151/Binaiya, Pimpinan Perbankan dan Hotel, Forkopimda Provinsi Maluku dan Kota Ambon, serta pejabat dari instansi vertikal. (SNI-01)

Baca Juga:  Penyidik Temukan Bukti Sepeda Motor Laka Lantas Stain Diduga Illegal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *