KPW Bank Indonesia Maluku Gelar Salam Fest 2024

  • Whatsapp
oppo_0

SNI.ID, AMBON : Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku menggelar Salam Fest 2024 selama dua hari tanggal 3-4 Mei 2024 di lokasi Pattimura Park, dengan mengusung tema: sinergi memperkuat ekonomi dan keuangan Syariah untuk pertumbuhan ekonomi Maluku yang inklusif, Jumat (3/4/24).

Kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diselenggarakan oleh seluruh kantor perwakilan bank Indonesia se-KTI.

Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Rawindra Ardiansah mengatakan rrangkaian kegiatan Salam Fest 2024 akan dimulai hari ini dengan opening ceremony untuk menandakan implementasi berbagai program BI Maluku dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah mencakup Kick Off program pengembangan halal center, selebrasi UMKM terpilih dalam kurasi industri kreatif Syariah Indonesia ( IKRA) business matching pembiayaan syariah, program ketahanan pangan pesantren, penyaluran PSBI program ramadhan, serta tabligh akbar.

“Selain itu, kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan seminar, perlombaan serta expo dan showcasing produk layanan keuangan Syariah dan UMKM dan ditutup dengan performance musik. Kami berharap rangkaian kegiatan Salam Fast 2024 ini dapat semakin mendorong literasi masyarakat serta meningkatkan kapasitas produk dan pelaku usaha syariah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang sejalan dengan prinsip prinsip Syariah dengan nilai nilai lokal kedaerahan yang ada di Maluku,”kata Rawindra dalam sambutannya.

Rawindra menambahkan pihaknya percaya dengan sinergi melalui koordinasi dan kolaborasi yang baik antara BI dengan pemerintah daerah, pelaku industri keuangan, pelaku usaha dan seluruh lapisan masyarakat kita dapat mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang membawa kebaikan untuk semua pihak.

Sementara itu, Plh Asisten I Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah Maluku Ismail Usemahu mewakili Penjabat Gubernur Maluku menyampaikan atas nama pemerintah Provinsi Maluku menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ekonomi festival dalam rangka mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Maluku.

Baca Juga:  Pangdam XVI/Pattimura Pimpin Sertijab Sejumlah Pejabat Kodam Pattimura

“Pemerintah Provinsi Maluku mendukung penuh berbagai program yang dilakukan BI Maluku untuk mendorong mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, antara lain melalui program kemandirian ekonomi pesantren, program percepatan sertifikasi halal center edukasi untuk peningkatan literasi ekonomi syariah kepada pesantren pengembangan Indonesia serta penguatan halal. Kita akan terus mendukung UMKM untuk mampu memproduksi komoditas unggulan berbasis ekspor dan mendukung rantai global melalui sektor pariwisata,mendorong pariwisata ramah muslim, “ungkap Usemahu dalam sambutannya.

Usemahu menambahkan Pemerintah Provinsi akan meningkatkan promosi beberapa destinasi wisata prioritas agar gaum dari Provinsi Maluku dapat tersebar ke seluruh nusantara.

“Selain itu juga, ini akan membantu memberikan dorongan dukungan agar bakat karya di Maluku terus berkembang guna mendorong ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama kebijakan nasional,”tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *