Fitria: Festival Beta Indonesia Digelar Agar Ambon Dikenal Sebagai Tujuan Wisata

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Tujuannya digelarnya Festival Beta Indonesia agar Kota Ambon dikenal luas sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Dengan diadakan Triathlon ini, maka Ambon akan semakin booming di kanca internasional.

Hal ini disampaikan Ketua Festival Beta Indonesia, Fitria Attamimi kepada Wartawan usai acara pembukaan Festival Beta Indonesia, di Lapangan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Sabtu (18/5/24).

Bacaan Lainnya

Menurut Fitria, Kota Ambon bersiap menjadi sorotan dunia dengan digelarnya Festival Beta Indonesia, sebuah acara yang bertujuan memperkenalkan Ambon sebagai destinasi pariwisata unggulan. Festival ini baru pertama kali diadakan di Ambon dengan menggabungkan olahraga Triathlon yang telah mendunia.

“Potensi alamnya sangat bagus, dengan pemandangan yang indah dan udara yang masih segar. Festival ini direncanakan menjadi acara tahunan untuk terus mendorong pariwisata di Maluku, Khususnya di Kota Ambon,”pungkas Fitria.

Fitria menjelaskan Festival Beta Indonesia tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga diharapkan bisa menjadi daya tarik utama untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya Maluku kepada dunia.

“Saya ingin sekali acara ini menjadi acara tahunan,”tandasnya.

Fitria juga mengungkapkan cuaca di Ambon yang menantang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta Triathlon. Karena olahraga Triathlon ini tidak tergantung iklim, bahkan cuaca menantang seperti ini bisa menjadi pengalaman yang unik bagi peserta.

“Tahun ini, Triathlon menarik 140 peserta, melebihi target awal 100 peserta. Dari jumlah tersebut, sekitar 110 peserta berasal dari luar provinsi Maluku, sementara sisanya adalah peserta lokal. Pendaftaran hanya dibuka selama dua minggu, namun antusiasme yang tinggi menunjukkan minat yang besar terhadap acara ini. Triathlon dalam Festival Beta Indonesia mencakup tiga cabang olahraga: renang sejauh 750 meter, sepeda sepanjang 22 kilometer, dan lari sejauh 5 kilometer,”ungkapnya.

Baca Juga:  Komandan Lanud Pattimura & Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura Ikut Apel Komandan Satuan TNI AU

Fitria menambahkan ada dua kategori yang ditawarkan: kategori open untuk individu dan kategori relay untuk tim. Kategori relay memungkinkan tiga orang untuk berpartisipasi dalam satu tim, dimana masing-masing anggota menyelesaikan satu bagian dari rangkaian Triathlon.

“Kami berharap masyarakat lokal bisa lebih berpartisipasi, terutama dalam kategori relay, sehingga lebih banyak orang yang bisa merasakan keseruan acara ini. Dan kami berharap semoga olahraga ini juga dapat meningkatkan pariwisata di Ambon dan Maluku kedepannya,”harap Fitria. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *