Universitas Terbuka Raih Predikat Akreditasi A

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kabar gembira diperoleh Universitas Terbuka (UT) di awal Juli 2024 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal itu berupa capaian Akreditasi A sesuai Keputusan BAN-PT No. 1282/SK/BAN-PT/AK/PT/VII/2024.

Perolehan Akreditasi Institusi dengan Predikat A ini tentunya tidak mudah karena standar-standar yang ditentukan oleh BAN-PT harus terpenuhi dan lolos verifikasi dalam proses Re-akreditasi.

Pencapaian predikat Akreditasi A juga membuktikan bahwa UT dipercaya masyarakat dalam melaksanakan pemerataan akses pendidikan tinggi di tanah air termasuk Provinsi Maluku.

Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) di Maluku, UT sangat memperhatikan berbagai aspek seperti kewibawaan akademik, tata kelola, kualitas pembelajaran, kualitas lulusan, hingga pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan capaian hasil akreditasi terbaru yakni Predikat A ini telah mensejajarkan UT dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri lainnya di tanah air. Bahkan di Maluku ini, belum semua Perguruan Tinggi memiliki Akreditasi A.

“Kami yakin tingkat kepercayaan masyarakat terhadap UT akan semakin meningkat karena kami senantiasa berkomitmen memberikan layanan pendidikan yang inklusif dan berkualitas dengan biaya terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, tanpa memandang status sosial, strata ekonomi,” kata Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori kepada wartawan dalam releasenya, Kamis (4/7/24).

Menurut Yuli, prinsip Terbuka yang dijalankan UT memberikan kesempatan bagi siapapun untuk kuliah di UT, baik mereka yang sudah bekerja ataupun baru lulus SLTA sederajat. Kuliah di UT tidak melihat tahun lulus ijazah, tanpa tes masuk, dan tidak ada istilah drop out.

“Mahasiswa juga bisa kuliah dari manapun, tanpa harus datang dan ngekos di Ambon sehingga mereka bisa menghemat biaya hidup sehari-hari, sekaligus meringankan beban orang tua,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kodam XVI/Pattimura Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TA 2022

Yuli menjelaskan selain Akreditasi Institusi A, beberapa Prodi di UT juga memiliki Akreditasi A. Bahkan 4 Prodi juga telah terakreditasi internasional yaitu S1 Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan S1 Ilmu Hukum.

“Sekedar informasi, saat ini UT Ambon masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga tanggal 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Biaya admisi awal hanya 100 ribu rupiah tanpa ada embel-embel uang gedung ataupun sumbangan pengembangan institusi,”jelasnya.

Ia menambahkan sementara jalur RPL pendaftaran dibuka hingga 10 Juli 2024 dengan biaya admisi 400 ribu rupiah. Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk diketahui, Info pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id ataupun melalui nomor layanan 081240791988.

Pendaftaran secara online bisa melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *