Gubernur Maluku Jadi Irup HUT Ke – 77 TNI

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Gubernur Maluku menjadi irup Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 77.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Ambon, Rabu (05/10/2022).

Peringatan HUT ke-77 yang mengusung tema “TNI adalah Kita” berlangsung khidmat, dan bertindak selaku Komandan Upacara yakni Danyonmarhanlan IX Ambon Letkol Marinir Rowin Z. Simarmata.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIT dihadiri oleh pemimpin dari tiga matra TNI yakni Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapean, Forkopimda Maluku serta tamu undangan lainnya .

Upacara diawali dengan menyanyikan mars TNI, penghormatan pasukan dan pemeriksaan pasukan oleh Gubernur selaku irup.

Selanjutnya lambang kesatuan memasuki lapangan dan diberi penghormatan, mengheningkan cipta dipimpin irup, pengucapan sapta marga, dilanjutkan dengan pemberian tanda kehormatan Satya Lencana kesetiaan 8 tahun, 16 tahun dan 20 tahun.

Upacara dilanjutkan dengan arahan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan inspektur upacara.

Dikatakan Panglima, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2% berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei diantaranya pada hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022.

Menurutnya, sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%.

“Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %,” kata Panglima.

Panglima TNI juga menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI.

Baca Juga:  Pencuri HP di RM Ayam Geprek Ambon, Akhirnya Ditangkap Polisi di Buru

Usai upacara, dilanjutkan dengan menyaksikan defile dan sailing pass oleh prajurit TNI-Polri, PNS, Bakamla, Basarnas, serta alutsista TNI dan Polri di wilayah Maluku. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *