Personil Polairud Polresta Lakukan Pengamanan dan Pengawasan Kepada Penumpang Kapal

  • Whatsapp

Ambon, SNI.ID – Dalam setiap kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal pada Dermaga Fery Hunimua dan Pelabuhan Speedboat Mamoking (Tulehu), Polairud Polresta Ambon & P.P Lease, menempatkan personelnya di areal pelabuhan untuk melakukan pengamanan saat kapal akan berangkat dan tiba di pelabuhan.

Kali ini kegiatan pengamanan dilakukan saat Kapal penumpang Fery KM SARDINELA tujuan waipirit, kecamatan Kairatu, kabupaten Seram Bagian Barat dan penumpang speedboat tujuan Haruku, Kamis (19/01/2023) pagi.

Sebelumnya telah dilakukan apel pagi yang dipimpin oleh Kasat Polairud Iptu H Sapulette, peserta apel dan piket yang mengikuti apel yaitu Personil Sat Polairud pada pukul 07.00 WIT. Selanjutnya, anggota personil Polairud melaksanakan giat patroli / sambang pada pelabuhan speed mamoking tujuan Haruku berlangsung aman dan baik, pukul. 08.30 WIT.

Kemudian Anggota personil Polairud melaksanakan pengawasan Dermaga Fery Hunimua sekaligus melakukan pelayanan terhadap pengguna jasa laut yang akan menyeberang menggunakan Fery KM SARDINELA tujuan waipirit kec Kairatu kab Seram Bagian Barat dengan kapasitas penumpang yaitu penumpang biasa sebanyak 65 Orang, KR2 sebanyak 41 Unit, KR4 sebanyak 6 Unit, KR6 sebanyak 15 Unit, pukul 09.30 WIT.

Selanjutnya, Pukul 14.30 WIT, anggota personil Polairud juga melaksanakan pengamanan dan pelayan KMP CANTIKA LESTARI 99 B yang tambat di pelabuhan hurnala dengan tujuan palabuhan Masohi dengan jumlah penumpang yaitu penumpang biasa sebanyak 1 orang, KR2 sebanyak 39 unit, KR4 sebanyak 5 unit, KR6 sebanyak 17 unit.

Dalam pelaksanaan pengawasan dan pengontrolan, anggota personil Polairud Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease telah melalukan pengamanan dan himbauan kepada pengguna jasa maupun Pemilik Kapal/Speed Boad agar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Untuk setiap aktivitas di areal Pelabuhan dan pangkalan-pangkalan speed boad, telah dilakukan sekaligus pemberitahuan kepada pemilik angkutan laut agar selalu waspada terhadap cuaca laut yang ekstrim sewaktu- waktu dapat berubah.

Baca Juga:  Pemkot Tual Kembali Gelar Event Festival Met Ev Tahayad II Tahun 2021

Pada saat berlayar ke Pulau Pesisir, serta memperhatikan keselamatan penumpang maupun pengemudi dan ABK dengan melengkapi dokumen kapal dan untuk speed boad melengkapi manifest penumpang pada shabandar/pihak terkait, menyiapkan alat pemadam (apart) didalam kapal/speed, dan jaket pelampung.

Dari pantauan, terlihat para nahkoda dan abk serta pengguna jasa laut sangat mentaati dan berterimakasih kepada anggota personil Polairud yang sudah saling mengingatkan guna memperhatikan hal-hal yang dapat di waspadai bersama baik cuaca laut yang Ekstrim, alat keselamatan penumpang, manifest (data diri dan jumlah penumpang), maupun Protokol Kesehatan COVID 19. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *