Maskapai Lion Air Buka Rute Baru Ambon-Surabaya

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Maskapai Lion Air membuka rute penerbangan baru yang menghubungkan ibu kota Provinsi Maluku dengan ibu kota Provinsi Jawa Timur tanpa perlu transit di kota lain. Rute ini resmi dilayani secara langsung yang dimulai pada tanggal 17 Januari tahun 2024.

Untuk itu, PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon bersama maskapai Lion Air secara resmi mengumumkan rute baru Ambon-Surabaya yang dioperasikan oleh Maskapai Lion Air melalui acara inaugural flight di Area Gate 1 dan 2 Bandar Udara Pattimura Ambon, Rabu (17/1/24).

Penerbangan perdana dengan tujuan Surabaya-Ambon, nomor penerbangan JT-878 yang membawa 126 penumpang, dirayakan dengan serangkaian kegiatan seremonial yang dihadiri oleh Pejabat penting di Provinsi Maluku yakni Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Area Manager Lion Group Wilayah Maluku dan Papua, Komandan Lanud Pattimura, General Manager Airnav Cabang Ambon, Kapolsek Bandara Pattimura serta Operation Head PT Pertamina Patra Niaga DPPU Pattimura, dan Perwakilan KKP Kota Ambon.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Achmad Jais Ely mengatakan langkah ini tidak hanya membuka pintu ke Kota Ambon dan Provinsi Maluku, tetapi juga menghadirkan peluang dalam meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan ke Kota Ambon dan Provinsi Maluku.

“Semoga ini menjadi dorongan untuk penambahan rute-rute lain dari kota-kota lain, sehingga dapat lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Ambon dan Provinsi Maluku,”kata Jais.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon Shively Sanssouci menjelaskan melalui peluncuran rute perdana Boeing 737-8GP yang berkapasitas 215 penumpang ini, Bandar Udara Pattimura Ambon berkomitmen untuk terus memberikan fasilitas kebandarudaraan terbaik untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan operasional bagi seluruh penumpang supaya menjadi pengalaman yang tak terlupakan di Bandar Udara Pattimura Ambon seperti penerbangan lainnya.

Baca Juga:  Masuk Final, SMAN 4 Ambon dan SMA PGRI 1 Ambon Siap Perebutkan Piala Danrem 151/Binaiya

Menurutnya, pihak operator Bandar Udara juga berharap rute Ambon-Surabaya ini akan memperkaya konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kedua provinsi kedepannya.

“Terima kasih banyak untuk Lion Group atas kontribusinya meningkatkan konektivitas Kota Surabaya dan Ambon, semoga semakin sukses kedepannya sehingga dapat menjadi maskapai terbaik di Indonesia, dan sukses terus untuk seluruh Stakeholder Bandara. Maju terus pariwisata Provinsi Maluku” harapnya.

Diketahui dalam mengawali kegiatan seremonial dengan water salute, acara dilanjutkan dengan pengalungan kain tenun khas Maluku oleh General Manager Bandar Udara Pattimura dan Area Manager Lion Group bersama Stakeholder kepada penumpang yang tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon.

Prosesi berlanjut dengan penyampaian sambutan General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon, Area Manager Lion Group, dan Kepala Dinas Pariwisata Prov. Maluku.

Acara diakhiri dengan pengalungan kain tenun khas Maluku kepada crew pesawat Lion Air, pemotongan tumpeng, foto bersama, pembacaan doa, dan ditutup dengan pengantaran penumpang yang akan berangkat perdana dari Bandar Udara Pattimura Ambon via Lion Air JT 879 menuju Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada pukul 15.28 WIT yang membawa 97 penumpang.

Jadwal penerbangan pulang pergi (PP) untuk rute ini adalah sebagai berikut:

– Nomor terbang JT-879: Berangkat dari Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 15.30 WIT, tiba di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya (SUB) pukul 16.30 WIB.

– Nomor terbang JT-878: Berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya (SUB) pukul 09.50 WIB, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 14.50 WIT.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *