Jaga Kebersihan Alam, Kodim 1504/Ambon Kerja Bakti Bersama Warga Bersihkan Jalan dan Pantai

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Melakukan kerja bakti pembersihan secara rutin setiap hari Jumat adalah bentuk pelestarian alam dalam bentuk memerangi sampah agar dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Kodim 1504/Ambon bersama dengan masyarakat pada hari ini melaksanakan kerja bakti membersihkan jalan dari kotoran serta rumput yang tumbuh liar di kanan / kiri sepanjang jalan dan pesisir pantai desa Air Salobar, Jumat (2/2/24).

Ada dua lokasi kerja bakti dalam hal ini yang dilaksanakan di wilayah binaan Koramil Nusaniwe, diantaranya Tapal Kuda, Depan Kediaman Pangdam XVI/Pattimura, area jalan lintas di depan Museum Siwalima dan Taman Baru Pantai Air Salobar.

Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon Letkol Inf. Leo Octavianus MS, S.I.P., M.I.Pol mengatakan kegiatan hari ini merupakan kegiatan kerja bakti melibatkan TNI dalam hal ini Kodim 1504/Ambon, Batalyon Yonif 733 Masariku, DenKav 5, kemudian Densipur dari pihak kepolisian, Satpol PP dan masyarakat.

“Tujuan kami di sini untuk memberikan contoh Kepada seluruh masyarakat Ambon bahwa Mari kita cintai bersama laut kita, agar lingkungan bersih dan terlihat indah, rapi dan memberikan rasa nyaman, sehingga Kota Ambon ini layak dijadikan tempat wisata di seluruh wilayah pantainya. Kalau kita lihat sekarang banyak sampah sebelumnya banyak sampah tadi pagi di di pinggiran pantai dan di laut,”kata Dandim kepada wartawan, di Taman Baru Air Salobar, Jumat (2/2/24).

Dandim menjelaskan hari ini pihaknya mengerahkan semua personil termasuk didukung oleh pemerintah kota dalam hal ini Perahu, personil dan prasarana yang ada di Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon untuk mendukung kegiatan di hari ini.

“Disamping itu juga kita bisa melihat bersama ini adalah salah satu momen atau situasi di mana kita bisa menjalin silaturahmi, antara seluruh instansi yang ada di Kota Ambon dengan masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Nusaniwe, desa Air Salobar serta termasuk juga anak sekolahan yang juga kita libatkan,”jelas Dandim.

Baca Juga:  Pengambilan Sumpah/Janji PAW Anggota DPRD Kota Ambon, Walikota : Kado Bagi Kota Ambon

Dandim mengungkapkan anak sekolah dilibatkan dalam kegiatan hari ini, karena mereka akan menjadi agen-agen perubahan bagi generasi muda kedepan.

“Kami dari Kodam XVI/Pattimura yakni Pangdam dengan PJU Kodam semuanya turun dalam kegiatan ini dan kami juga bersama-sama masyarakat setempat dan unsur terkait juga ikut melaksanakan pembersihan di wilayah pesisir pantai,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wira Pratama Atasari Siswa SMA Negeri 12 Ambon mengatakan dengan adanya pembersihan di hari ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih, lebih sehat, dan tidak membawa penyakit bagi masyarakat.

“Dengan adanya kerjasama TNI, warga setempat, dan kepolisian bahkan siswa-siswi ini merupakan kerjasama yang baik. Karena dengan adanya kegiatan ini, beberapa wilayah yang terlihat kurang bersih, sekarang sudah menjadi bersih karena kerjasama semua yang dilakukan hari ini,”tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *