Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Gelar Lomba Pustakawan

  • Whatsapp

SNI.ID, Ambon : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) provinsi Maluku menggelar Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi.

Gelaran lomba tersebut di buka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Maluku Kasrul Selang yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Maluku Habiba Saimima, yang didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku Danny Indey, di aula Lantai III Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku, Selasa (25/5/21).

Lomba Pustakawan Berprestasi Nasional Tingkat Provinsi Maluku tersebut diikuti oleh Tingkat SD/MI, SMA, desa/kelurahan dan peserta pustakawan yang berprestasi se Provinsi Maluku.

Peserta yang mengikuti lomba untuk setiap mata lomba telah melalui seleksi di tingkat Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku.
Untuk Waktu pelaksanaan lomba antara lain: (a.) Lomba Pustakawan Berprestasi tingkat Provinsi Maluku akan dilaksanakan pada 25 Mei 2021, (b.) Lomba Perpustakaan Desa Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Maluku akan dilaksanakan penilaian pada tanggal 27 Mei 2021, (c.) Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik tingkat SLTA tingkat Provinsi Maluku di laksanakan penilaian pada tanggal 27 Mei 2021, (d.) Lomba Bertutur bagi siswa/I SD tingkat Provinsi Maluku dilaksanakan pada tanggl 29 – 30 Juni 2021.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Maluku Habiba Saimima dalam membacakan sambutan Sekda Maluku mengatakan geliat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan yang digelorakan oleh perpustakaan nasional harus menjadi semangat kita bersama di daerah ini, khususnya berkaitan dengan pembangunan sentra-sentra layanan perpustakaan berbasis keunggulan lokal, digitalisasi layanan perpustakaan, serta transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Menurutnya, tiga program besar ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi maluku, maupun kabupaten/kota dalam mengakselerasikan berbagai kegiatan inovatif yang diharapkan dapat menjangkau sampai ke desa-desa di Provinsi Maluku.

Baca Juga:  Dandim 1504/Ambon Bagi Pengalaman usai Divaksin

Ia menjelaskan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku senantiasa mendorong berbagai program percepatan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas, termasuk berbagai program/kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, melalui kegiatan pengembangan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) perpustakaan, pembudayaan gemar membaca serta program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Salah satu upaya peningkatan gemar membaca dan literasi adalah dengan melaksanakan berbagai kegiatan lomba bidang perpustakaan. Kegiatan lomba tersebut dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi dan kreatifitas dari pengelola perpustakaan sekolah, perpustakaan desa/kelurahan, maupun pustakawan dalam meningkatkan kegemaran membaca dan literasi di wilayahnya masing-masing,”kata Saimima.

Ia menambahkan kegiatan lomba ini sekaligus merupakan ajang kompetisi untuk memilih perwakilan Provinsi Maluku yang akan mengikuti lomba di tingkat nasional. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan baik, terutama peserta lomba agar tampil secara maksimal guna meraih prestasi terbaik dan dapat mengharumkan nama provinsi maluku di tingkat nasional terkait dengan hal tersebut.

“Saya mengharapkan kepada panitia lomba, agar dapat melaksanakan rasa kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab, serta menerapkan protokol covid-19 dengan ketat. Kepada dewan juri, agar dapat memberikan penilaian secara objektif sesuai ketentuan yang berlaku. Dan kepada para peserta lomba, agar dapat berkompetisi secara sehat dan menampilkan prestasi terbaik,”harapnya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *