Walikota Tidore Harap Kiprah Apeksi Dapat Pulihkan Keuangan Ditengah Pandemi

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID – Ketua Apeksi Komwil VI, yang juga Walikota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim mengatakan tidak hanya pertemuan langsung saat ini yang menggembirakan Walikota Tidore ini, tetapi dia melihat Walikota beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Ambon dengan sungguh-sungguh menunjukkan kepedulian terhadap kiprah APEKSI melalui penyelenggaraan workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Pandemi.

“Meskipun dalam kondisi pandemi namun program kerja organisasi harus tetap berjalan dengan berbagai modifikasi model pelaksanaan serta menunjukkan keseriusan kita semua bagaimana upaya kita menghadapi pandemi Covid-19 termasuk pada sektor ekonomi,”kata Walikota Tidore dalam sambutannya di Sari Gurih Resto Beach, Kamis (10/6/21).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan pandemi covid bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia saja tetapi telah berdampak pula terhadap memburuknya sistem keuangan negara yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik.

Oleh karena itu, Lanjut Walikota Tidore, pemerintah telah mengambil strategi kebijakan dan langkah-langkah luar biasa dalam rangka penyelamatan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi yang berkaitan dengan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Menurutnya, dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan, pemerintah berusaha melakukan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional.

“Workshop ini menjadi penting artinya karena di tengah kondisi yang ada, pemerintah kota dituntut untuk tetap bisa memberikan pelayanan terbaik titik apalagi dengan refocusing anggaran yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya membuat sendi-sendi ekonomi menjadi lemah titik oleh karena itu pada kesempatan baik ini, kami menghadirkan bapak Deputi bidang koordinasi pengembangan wilayah dan tata ruang Kementerian perekonomian selaku Key note speaker yang akan menyampaikan banyak hal tentang PEN 2021 terkait penanggulangan pandemi dan bangkitnya ekonomi masyarakat,”ungkapnya.

Baca Juga:  Konvoi Kemenangan Tim Sepakbola, Jubir Satgas Ingatkan Pandemi Belum Berakhir

“Disadari bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan APEKSI untuk saat ini masih belum bisa berlangsung sebagaimana biasanya. Namun kita harus mengingat bahwa saat ini pelaksanaan kegiatan harus merujuk kepada tatanan kehidupan baru di mana protokol kesehatan menjadi satu pilar yang harus tetap menjadi perhatian,”tambahnya.

Ia menjelaskan terhadap kekurangan dan kelemahan yang ada pada kesempatan yang sangat berharga ini, dalam kedudukan saya selaku Ketua Apeksi Komwil VI yang baru perkenankan saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota terhadap hal tersebut.

“Dalam kegiatan ini kami mengangkat tema reformasi pengelolaan anggaran dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi karena saat ini semua pemerintah kota termasuk kota-kota anggota Apeksi Komwil VI, diharapkan memiliki inovasi untuk tetap bisa mengelola anggaran dengan baik dan melayani masyarakat dalam situasi pandemi yang belum berakhir,”jelasnya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *