Meriahkan FPMK, Bupati Malra Lepas Lomba Balap Sepeda Tour de Moluccas dan Gowes Malra

  • Whatsapp

MALUKU TENGGARA, SNI.ID : Lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas 2021 (TdM) Etape II dan Gowes Malra resmi dimulai, Kamis (28/10/2021), di Maluku Tenggara.

Sebanyak 75 peserta Tour de Moluccas Etape II dilepas oleh Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun. Untuk Gowes Malra sebanyak 180 peserta.

Bacaan Lainnya

Jumlah peserta Tour de Moluccas Etape II sendiri berjumlah 75 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan mengelilingi Maluku Tenggara : Kantor Bupati (Start) – Langgur – Ibra – Abean – Elaar – Danar – Uf – Madwaer – Ohoirin – Ohoira – Tetoat – Dian Darat – Ohoiluk – Langgur – Pantai Ngurbloat (finish), Water zone: Danar – Semawi – Pantai Wab – Langgur.

Pada acara pelepasan tersebut Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun dalam sambutannya mengatakan mengatakan, kegiatan gowes sepeda dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Meti Kei ini, sebagai tuan rumah tentunya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Namun sebagai manusia sudah pasti ada kesalahan dan kekurangan, maka mohon di maafkan.

Bupati mengungkapkan bahwa hari ini bertepatan dengan lahirnya hari Sumpah Pemuda, namun karena Pandemi Covid-19 maka tidak ada upacara.

“Meskipun kondisi Malra nihil dari penderita Covid-19, namun karena Maluku masih berada pada level 3 (tiga), sehingga kita harus mengikuti aturan protokol kesehatan,”ungkap Hanubun.

“Namun demikian, pada kesempatan yang baik itu, Hanubun mengajak seluruh peserta baik Tour de Mollucas dan peserta lomba Gowes Malra untuk mengheningkan cipta mengenang arwah para Pahlawan yang gugur mendahului kita,” sambungnya.

Hanubun menambahkan, kini olahraga tumbuh sumbur dan berkembang serta menjadi dominan dalam bermasyarakat, sehingga kedepan perlu di tingkatkan lagi.

Baca Juga:  JMSI Maluku Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan di SBB

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Tenggara Dace Putnarubun usai kegiatan saat diwawancarai menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Festival Meti Kei, ada dua komunitas sepeda yang pertama tour de moluccas yang jarak tempuhnya 120.

“Rute Etape II TDM berawal dari kantor bupati dia putar Kei kecil timur sampai ke Danar dia balik putar barat balik masuk ke letoat menyeberang datang kembali debut, Dian Pulau, masuk sampai ke Kur dari sampai di perempatan untuk menuju ke situ terus mereka adu kecepatan disitu,”jelasnya Putnarubun.

Menurutnya, jarak yang ditempuh Tour de Mollucas di Maluku Tenggara adalah 120, pihaknya dari Pemerintah Daerah sangat bersyukur karena Maluku Tenggara dijadikan sebagai salah satu etape yang akan dilalui oleh Tour de Mollucas. Bertepatan dengan itu juga ada sepeda santai yang barusan dilepas oleh Bupati.

“Komunitas itu terdiri dari komunitas lokal yang jumlahnya tadi kurang lebih 180 sepeda. Jarak tempuh mereka ini kurang lebih 12 km, dari sini dia mengarah ke kota langgur sampai di lampu merah perempatan menuju ke stadion, dan finishnya di bundaran antara perempatan antara Ohoilir dan pusat kegiatan Festival Meti Kei yaitu Ngurbloat,”ujarnya.

Ia menambahkan Tour de Mollucas direncanakan akan finish pada jam 13.00 WIT, karena jarak tempuh untuk 120 KM dalam waktu 5 jam.

“Jadi kami berharap mudah-mudahan tahun depan kita lebih bagus lagi dari sekarang. Memang ada berbagai kekurangan tetapi semua menjadi perhatian kami untuk perbaikan pada event kedepan. Bupati juga sangat merespon karena kabupaten kami sebagai tuan rumah Tour de Mollucas,”tambahnya.

Untuk peserta TDM sebanyak 75 yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku Tengah dan Kota Ambon.

Baca Juga:  Danrem 151/Binaiya Kunker Ke Nusa Laut

Selain itu, khusus buat para peserta Tour de Mollucas akan mendapat doorprize yakni Televisi 32 inch dua buah, Sepeda 1 buah, Mesin Cuci dua buah dan untuk hadiah lainnya yakni aksesoris sepeda. Total doorprize sebanyak 50 buah.

Selain itu, Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun dalam kesempatan yang sama, sebelum melepas peserta lomba gowes Malra, melantik pengurus IPSI Kabupaten Malra, Periode 2021-2025.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Maluku, Dr. Undang Mugopal, SH, M.Hum, Forkopimda Malra, Ketua IPSI dan rombongan Tour de Mollucas. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *