Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Gelar Rapat Kerja Tahun 2021

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku menggelar Rapat Kerja Tahun 2021, di Gedung PKK Provinsi Maluku, Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) di wilayah seluruh Kapanewon Pakem dan tentunya jajaran pengurus Kwarran Pakem.

Raker Gerakan Pramuka tahun 2021 yang dibuka oleh Ketua Kwarda Kak Widya Pratiwi Murad, disambut antusias oleh para peserta. Dalam sambutan pembukaannya, Kak Widya mengatakan Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Maluku Tahun 2021 yang dilaksanakan ini sebagai langkah konsolidasi organisasi dalam rangka pemantapan kinerja jajaran Gerakan Pramuka di Maluku.

Menurutnya, langkah ini merupakan wujud nyata kesediaan Keluarga Besar jajaran Gerakan Pramuka di Maluku untuk siap melaksanakan Rencana Strategis yang dihasilkan oleh Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Maluku Tahun 2020 lalu.

Untuk itu, Lanjut Widya, Rakerda Tahun 2021 ini berlangsung di bawah sorotan tema : Mewujudkan Kepramukaan yang ARIKA oleh organisasi Gerakan Pramuka SIWALIMA untuk menghasilkan Pramuka Maluku yang KALESANG.

“Saya melihat kelemahan terbesar pada aspek Manajemen Organisasi,”ujar Widya.

Widya menjelaskan beberapa Kwartir Cabang tidak mampu melaksanakan tugasnya secara baik, Kepengurusan telah kadaluawarsa, pelaksanaan tugas administrasi Gerakan Pramuka tidak berjalan, pendataan keanggotaan terbengkalai, tugas pembinaan bagi anggota dewasa maupun kegiatan latihan dan penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) peserta didik tidak berlangsung semestinya.

“Hal ini secara akumulatif berdampak pada menurunnya kualitas kepramukaan di daerah ini,”jelas Widya.

Sementara itu, Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku Sadli Ie mengatakan Pemerintah selalu memberi perhatian dan atensi yang tinggi terhadap dinamika organisasi kepanduan di Maluku. Kepramukaan memiliki realistis dan inovasi dan inisiasi.

Baca Juga:  Jelang HUT Ke-22, Kodam Pattimura Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Menurutnya, banyak pemikir bangsa ini terlahir dari gerakan Pramuka dan telah berhasil mencetak kader kader terbaiknya dan telah terbukti sukses dalam berbagai bidang.

“Oleh sebab itu sebagai ketua mabinda Gerakan Pramuka Maluku, saya berharap kwartir Tahun 2021 harus melakukan pembinaan, penguatan oriantasi dan informasi organisasi serta pemantapan program kerja capaian masa lalu, tantangan mas kini dan tantangan masa depan,”kata Sadli.

Ia menjelaskan langkah positif terhadap eksistensi kwartir daerah gerakan Pramuka Maluku harus sistimik baik secara organisatoris maupun pengkaderan.

“Tema tahun ini adalah Mewujudkan penyelenggaraan kepramukaan di daerah Maluku yang arika melalui organisasi yang bercirikan siwalima untuk mewujudkan Pramuka kalesang, jika dicermati maka tema ini menandai kita sebagai pengurus kwartir daerah gerakan Pramuka Maluku untuk melangkah dengan satu kesatuan untuk mendefinisikan karya besar bangun masyarakat daerah ini,”jelasnya.

Ia menambahkan Pramuka Maluku harus bisa melawan lupa serta hal tidak penting sembari terus melakukan penajaman program kerja yang responsif dan menjunjung tinggi kehidupan masyarakat dan jangan hanya terperangkap pada misoriantasi jangka pendek yang mendeskreditkan eksistensi organisasi kepanduan.

“Saya berharap rakerda ini bisa melahirkan kesan yang haru menghidupkan baik internal kwartir maupun kwarcan dalam singkronisasi pelaksananan program kerja termasuk di dalam menciptakan gerak langkah yang konkrit di Maluku menghadapi berbagai event tingkat daerah, regional nasional dan internasional,”harapnya.

“Dengan Moto Satyaku, Ku Darmakan dan Darmaku, Ku Baktikan. Kita harus bersemangat dalam adaptasi kebiasaan baru untuk bergandengan tangan mendukung kebijakan pemerintah baik di level nasional dan daerah terutama melawan covid-19 yang harus diantisipasi dengan disiplin dan mematuhi prokes, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan secara teratur,”sambungnya.

Baca Juga:  Gubernur Hadiri Rapat FTSLBU

Ia berharap setiap anggota Pramuka harus memiliki jiwa karakter yang dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat disekitar. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *