Mutiara Pattimura Kodam Gandeng Swasta dan Pemkab Aru Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau 

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kodam XVI/ Pattimura yang diwakili oleh Mayor Inf John Balubun, dari Spersdam XVI/ Pattimura, Danramil 1503-03/ Dobo, Kapten Inf Dody Masaoy bersama Presiden Direktur Melchor Group, Rudi Poespoprodjo didampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Moein Sogalrey dan Kadis Lingkungan Hidup Johanis Gutandjala meninjau hutan mangrove di desa Karangguli, Selasa (12/4/2022).

Peninjauan hutan mangrove ini dilakukan berkaitan akan dikembangkannya pembudidayaan kepiting bakau. Tak hanya meninjau, namun Kodam bersama rombongan juga menanam pohon Samama di depan Kampus PSDKU Universitas Pattimura, Kepulauan Aru, dusun Lamerang, desa Wokam Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

“Selain menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, hutan Mangrove juga dapat mencegah abrasi” ujar Dandim Dobo.

Kemudian rombongan melakukan tatap muka dengan masyarakat Wokam sekitaran hutan Mangrove. Saat bertatap muka bersama masyarakat Wokam, Kodam dan rombongan mengatakan bahwa dengan ada hutan mangrove di sekitar kita, itu merupakan suatu hal yang sangat baik, dimana dengan hutan mangrove dapat menyerap karbon dioksida di lingkungan sekitar kita.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga eksosistem hutan Mangrove agar tetap lestari yaitu dengan melakukan pengembangan dan budidaya kepiting bakau. Kepiting bakau mempunyai habitat asli di hutan bakau, dengan melestarikan hutan Magrove, maka kepiting bakau dapat akan berkembangkan dengan baik.

Dengan dikembangkannya kepiting bakau ini diharapkan dapat berdampak meningkatnya perekonomian masyarakat setempat. (*)

Baca Juga:  Ririmasse : Ini Merupakan Pengalaman Bagi Saya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *