Sempat Dipecat, Kasad wujudkan Mimpi Heins Songjanan Jadi Prajurit TNI AD

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Sempat viral di Medsos Pemuda bernama Heins Songjanan, Putra Key, Maluku Tenggara yang di keluarkan dari Pendidikan Tamtama TNI AD menjelang pelantikan kini telah bernafas lega.

Namun kini, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, telah mewujudkan mimpi putra daerah Patimura bernama Henz Songjanan dengan memanggil kembali sebagai Prajurit Siswa Secata PK Rindam XVI/Pattimura untuk selanjutnya dilantik sebagai prajurit TNI AD.

“Minggu depan dia (Henz Songjanan) akan segera dilantik,” kata Kasad usai memberikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Pattimura, Kota Ambon. Rabu, (13/4/2022).

Kasad menjelaskan, dalam pelaksanaan pendidikan tidak serta merta hasil tes administrasi ditetapkan saat itu saja, namun penilaian hasil akan terus dilakukan pengecekan selama dalam pendidikan oleh para Babinsa dan Intelijen di lapangan. Salah satu hasilnya diketahui ada hal yang dilanggar oleh orang tua Henz, khususnya bapaknya yang masih berkebangsaan Myanmar.

Lebih lanjut Kasad mengungkapkan bahwa setelah mempelajari permasalahan ini, dirinya mengambil kebijakan untuk memanggil dan mengembalikan status prajurit siswa kepada Henz Songjanan yang lahir dan besar di Maluku yang tidak mengerti apa-apa terhadap permasalahan status kependudukan orangtuanya.

Orang nomor satu di TNI AD ini pun telah memerintahkan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, untuk membantu orang tua Henz Songjanan agar dapat menyelesaikan permasalahan administrasi tersebut, sehingga ke depannya tidak memberatkan institusi TNI AD.

Pada kesempatan terpisah, Gubernur Maluku Murad Ismail menjelaskan Heins Songjanan sudah bisa dilantik besok atas perintah Kasad Jenderal Dudung.

“Anak Ini Sudah Bisa di Lantik besok, ini adalah Perintah Kasad Jendral Dudung saat bersama saya di bandara Pattimura Ambon tadi,”jelas Murad di Bandara Pattimura Ambon kepada wartawan, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga:  Operasi Aman Nusa II Polda Maluku Tekan Penyebaran Covid-19

Gubernur Berharap agar Songjanan dapat menjadi seorang prajurit yang memiliki mental tangguh dan menjadi kebanggan bagi Masyarakat Maluku nantinya.

“Dengan lolosnya Songjanan menjadi prajurit TNI AD Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, ada harapan kelak dia dapat menjadi prajurit yang tangguh dan kebanggan bagi Masyarakat Maluku,” tandasnya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *