PKKMB Politeknik Negeri Ambon Dibuka Secara Daring

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pembukaan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Ambon dibuka secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk tranformasi literasi data, teknologi dan literasi kemanusian untuk penguasaan kompetensi abad 21 bagi Mahasiswa Angkatan 2022- 2023 bertempat di Hotel Manise, Rabu, (14/9/2022).

Fabilola Matuanakotta selaku ketua panitia mengatakan berdasarkan panduan PKKMB di Tahun 2022 kegiatannya bisa dilaksanakan secara hybrid Jadi tim panitia PKKMB mengambil keputusan untuk melakukan kegiatan ini secara daring mengingat kapasitas auditorium yang kecil untuk menampung peserta mahasiswa baru yang cukup banyak.

“Lumayan banyak lokasi untuk kita melakukan kegiatan pkkmb secara offline tidak memadai karena auditorium kita terlalu kecil tidak bisa untuk menampung sejumlah peserta mahasiswa baru,”katanya.

Ia menjelaskan dirinya adalah selaku anggota tim, tugas mereka melakukan kegiatan pkkmb secara daring sudah dilakukan dari tahun kemarin sama sampai sekarang ini juga.

Diakuinya, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan serupa di tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang mencapai 900 lebih peserta.

“sekitar 899 orang ini merupakan penurunan dari tahun kemarin karena di tahun kemarin sekitar 900-an”,jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini mahasiswa baru lebih mengetahui sistem pendidikan vokasi, karena di politeknik sistem pendidikannya berbeda dengan Universitas karena praktiknya lebih banyak

“kami berharap kegiatan ini efektif dan mahasiswa ingin lebih mengetahuinya tapi seperti yang kita ketahui Biasanya kalau kita mengajar juga kegiatan proses belajar mengajar lewat Zoom atau lewat daring tidak begitu efektif seperti yang kita lakukan di kelas jadi semoga kegiatan ini bisa efektif dan mahasiswa semua bisa mengetahui bahwa pendidikan vokasi prakteknya lebih banyak dari kegiatan teori” harapnya.

Baca Juga:  Balai POM Periksa Takjil yang Dijual di Ambon

Ia mengakui, ada beberapa jurusan baru dibentuk dan cukup diminati oleh mahasiswa baru, selain itu ditunjangi dengan beasiswa program pemerintah seperti bidikmisi dan KIP.

“ada jurusan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknik Elektro sama Yang duanya administrasi niaga dan akuntansi.kalau sekarang ini untuk beberapa tahun terakhir ini yang karena ada Prodi yang baru dibentuk itu jurusan teknik komputer jaringan itu yang lebih banyak diminati bahwa jurusan Teknik Elektro dan jurusan Teknik Mesin untuk program beasiswa dari pemerintah ada Bidikmisi dan KIP”, akuinya.

Tujuan dari PKKMB ini untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi yang menganut sistem vokasi.

Pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, kepala seksi operasional PT. Jasaraharja Putera cabang ambon, Maryo Kaihatu, Pamen ahli bidang ideologi politik, Ade Eka Putra, Koordinator Kejaksaan Tinggi Maluku, Heri Yulianto, dan Kepala Departemen Bisnis Gadai Pegadaian area Ambon, Aris Kurnadi. (SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *