Polsek Leitisel dan Pemerintah Negeri Rutong Gelar Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Manggrove

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Polsek Leitimur Selatan dan Pemerintah Negeri Rutong menggelar aksi Bersih pantai dan penanaman manggrove bersama masyarakat negeri Rutong dalam Rangka Menyambut HUT POLRI Ke – 77 Tahun 2023, di Pantai Rajuno Hitipori Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan, Jumat (23/6/2023) Pukul 08.30 WIT.

Kapolsek Leitimur Selatan Ipda. R. Pradipta dalam arahannya menjelaskan tanaman mangrove diketahui memiliki manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan Hutan mangrove yang diyakini sangat bermanfaat untuk menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut.

“Perlu diketahui bersama bahwa Sistem akar mangrove juga sebagai tempat bagi keberlangsungan kehidupan ikan dan organisme lain dan Topografi Kecamatan Leitisel yang berbatasan dengan garis pantai yang cukup panjang, menghasilkan potensi sekaligus tantangan dan penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang signifikan untuk menjaga kecamatan Leitisel ini supaya terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya,”jelasnya.

Kapolsek mengungkapkan meski telah diakui manfaatnya, ternyata kondisi mangrove berada pada risiko tinggi untuk dihancurkan karena adanya eksploitasi dan polusi yang menjadi pendorong hilangnya mangrove. Bahkan, data dari Global Mangrove Alliance memperkirakan 67% hutan bakau telah hilang atau terdegradasi hingga saat ini, dan tambahan 1% hilang setiap tahun.

“Kami dari Polsek Leitisel bersama pemerintah negeri Rutong dan negeri-negeri lainnya di wilayah Leitisel berharap semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan. Tidak hanya sebatas peringatan hari mangrove saja, tetapi kegiatan seperti ini akan memberikan manfaat lebih bagi ekosistem lingkungan wilayah leitisel dan wilayah lainnya,”ungkapnya.

Kapolsek Leitisel berharap semoga kegiatan ini dapat menguatkan semangat kita di dalam merawat dan menjaga eksistensi hutan mangrove di wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Bupati KKT: Soal Blok Masela, Dapat Berapapun Tetap Bersyukur

“Saya berharap kegiatan positif ini dapat menjadi teladan untuk bergerak bersama melakukan penanaman mangrove ataupun hal positif lainnya untuk menjaga lingkungan kita selalu lestari,”harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan dilanjutkan Pembersihan Area Rajuno Hitipori Negeri Rutong, setelah selesai Pembersihan Pantai tersebut kemudian dilakukan Penanaman anakan Mangrove yang berjumlah 200 (dua ratus) anakan oleh seluruh hadirin yang hadir pada lokasi yang telah ditentukan.

Turut hadir dalam kegiatan ini: Kapolsek Leitimur Selatan Ipda. R. Pradipta,SH, Ketua Saniri Negeri Rutong F. Matahurila, Kepala Soa Lessy Lawalata, B. Lessy, Kepala Soa Talahatu, F. Talahatu Saniri Negeri Rutong yang berjumlah 8 ( delapan) orang, Masyarakat Negeri Rutong, Hutumuri dan Leahari yang berjumlah 15 (lima belas) orang, seluruh Pers Polsek Leitimur Selatan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *