Nasdem Tutup Penjaringan, Enam Maju Sebagai Calon Walikota dan Satu Wakil Walikota Ambon

  • Whatsapp
oppo_0

SNI.ID, AMBON : Partai Nasdem Kota Ambon membuka pendaftaran mulai 01-07 Mei 2024 sudah terhitung enam orang melakukan pengembalian formulir.

Masing-masing keenam orang Bakal Calon (Balon) Walikota Ambon yaitu Bodewin Wattimena, Agus Ririmasse, Anthony Gustaf Latuheru, Jantje Wenno, E. Tahapary, dan Alexander Waas.

Adapun salah peserta yang ingin mendapatkan restu partai besutan Surya Paloh yang maju sebagai calon Wakil Walikota Ambon tersebut yaitu, H. Mus Mualim.

Ketua DPC NasDem Kota Ambon, Mourits Tamaela mengatakan penutupan proses penjaringan ditetapkan sesuai pleno DPD Partai Nasdem Kota Ambon. Dari pleno tersebut , tercatat enam bakal calon walikota dan satu bakal calon wakil walikota yang telah melakukan pengembalian berkas pendaftaran. Ada beberapa indikator yang menjadi persyaratan bagi Partai Nasdem dalam menentukan pilihan terhadap siapa yang nantinya akan mendapat kepercayaan untuk mengantongi rekomendasi partai.

“Indikator tersebut menjadi produk internal partai yang tidak dapat dipublish secara umum karena menjadi mekanisme partai. Sehingga , untuk memenuhi indikator tersebut, para bakal calon harus memenuhi 15 persyaratan. Dimana 15 persyaratan tersebut telah mencakup persyaratan umum dan khusus. Dari sekian calon yang mendaftar, kami anggap memenuhi syarat normatif. Namun kami ingin menegaskan, proses ini masih panjang,” kata Mourits Tamaela kepada wartawan, di Kantor DPC Nasdem Ambon, Rabu (8/9/24).

Menurut Tamaela, saat ini yang pihaknya laksanakan hanyalah tahapan penjaringan, Sehingga panitia penjaringan telah merampung seluruh dokumen maupun narasi yang nantinya akan menjadi bahan untuk ditindaklanjuti pada tingkat atas. Tidak ada perangkingan di tingkat kota karena hal tersebut menjadi kewenangan DPP Partai Nasdem.

“Untuk itu, setelah ini melalui DPP Partai, panitia penjaringan akan melanjutkan seluruh dokumen ke tingkat DPW untuk kemudian di tetapkan pada pleno tingkat Wilayah, kami hanya menjaring. Ada 15 item syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon tertuang syarat ukur dan khusus. Semua berkas sudah ada, kami akan lanjutkan pada tingkat wilayah esok hari. Kemudian akan dilanjutkan oleh pleno wilayah,”pungkas Tamaela.

Baca Juga:  Safari Ramadhan di Yayasan Cendekia, Pemkot Bagikan 100 Paket Sembako

Tamaela menjelaskan dari seluruh calon yang ada, tidak ada calon spesial yang sudah pihaknya jatuhkan pilihan. Pihaknya tidak mengarah ke siapapun.

“Untuk itu bagi putra-putra terbaik daerah yang mendaftar, kami berharap dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Intinya kami bersyukur, ada enam bacalon walikota dan satu bacalon walikota yang secara resmi siap merebut hati partai nasdem sebagai kendaraan politik dalam perhelatan pemilukada kota Ambon nanti,”harap Mourits.

Mourits menambahkan enam bacalon walikota dan satu bacalon walikota mereka seluruhnya akan tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan partai. Seperti pelaksanaan feat and propert test yang akan berlangsung di tingkat pusat.

“Sehingga siapapun yang nanti mendapat kepercayaan partai Nasdem, itulah yang telah memenuhi seluruh unsur dan persyaratan yang ada. Tentu keputusan tersebut mutlak menjadi keputusan DPP, dan tidak dapat dianulir hanya untuk kepentingan golongan maupun pribadi,” tutup Mourits. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *