Hari Raya Waisak Di Ambon, Umat Buddha Gelar Sembahyang Tri Suci

  • Whatsapp
oppo_1024

 SNI.ID, AMBON : Puluhan Umat Buddha di kota Ambon, menggelar sembahyang Hari Raya Tri Suci Waisak, di Vihara Swarna Giri Tirta, di Kawasan Gunung Nona, Kamis (23/05/2024).

Peringatan hari Tri Suci Waisak ke 2568 tahun 2024 ini bertemakan “kesadaran keberagaman jalan hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia”.

Pendeta Bhikkhu Siri Ratano mengungkapkan moment seperti ini merupakan makna yang mendalam dari perayaan Hari Raya Waisak bagi semua umat Buddha. Buddha diibaratkan sebagai gunung tertinggi yang mengajarkan agama berdasarkan pengalaman yang diperoleh.

“Tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha,yakni kelahiran Pangeran Bodhisattva Siddharta,pencerahan menjadi Dewa Buddha, dan Parinibbana (Wafatnya Buddha),semuanya terjadi pada purnama di bulan Waisak. Atas dasar itulah hari Raya Waisak di jadikan sebagai momen penting dalam agama Buddha. Perbedaan bukanlah pemisahan,melainkan kekayaan yang saling melengkapi dalam kehidupan,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Vihara Swarna Giri Tirta Lie Ruly Rudi menambahkan  perayaan Waisak telah mereka lakukan persiapan dengan baik untuk tahun ini.

“Saya berharap agar umat Buddha tetap hidup dalam kedamaian dan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua Permabhudi Maluku Tjoa Tinnie Pinontoan mengatakan pentingnya merenungkan nilai-nilai luhur Sang Buddha. Selain itu, dapat mengajak umat Buddha untuk menjadi teladan seperti Buddha Gautama yang selalu menyebarkan kebaikan dan hidup harmonis.

“Sebagai Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabhudi), menjalankan fungsi pembinaan dengan menaungi majelis-majelis umat Buddha yang tergabung di dalamnya,”kata Pinontoan. (*)

Baca Juga:  Sambut HUT Kemerdekaan RI, Korem 151/Binaiya Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *