KPU Maluku Launching Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Maluku 2024

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : KPU Maluku Launching Tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2024, berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu para pimpinan atau perwakilan instansi terkait, partai politik beserta tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Pj Gubernur Maluku dalam sambutannya menyampaikan, launching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024 sangat penting untuk dilaksanakan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Maluku,” katanya.

Ia menekankan kepada KPU Provinsi Maluku agar dapat melaksanakan sosialisasi yang masif kepada masyarakat terkhususnya untuk generasi milenial. Generasi milenial jumlahnya cukup mendominasi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” pintanya.

Sadali Ie juga berharap launching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada malam ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk memilih calon Pemimpin Maluku 5 tahun mendatang.

Sementara itu, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos dalam sambutannya mengatakan kepada semua pihak, baik penyelenggara, pemerintah maupun aparat keamanan agar berkomitmen dan profesionalitas dalam setiap tahapan. Kemudian kedua, harus berpedoman pada setiap peraturan. Ketiga , diharapkan seluruh pihak untuk tetap perduli terhadap isu-isu yang membangkitkan rasa nasionalisme. keempat , bagi penyelengara diharapkan dapa tetap transparan dalam bekerja dan kelima , KPU tidak dapat bekerja sendiri . Karena itu sangat membutuhkan dukungan dari semua stakeholder.

“Saya berharap , KPU Provinsi Maluku dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak. Agar setiap tahapan dapat berjalan dengan aman dan damai. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah bersama jajaran, yang telah memberikan dukungan dan peran aktif terhadap penyelenggaraan pemilu selama ini,” harapnya.

Baca Juga:  Pastikan Perlindungan Kesehatan Petugas Pemilu, BPJS Kesehatan Kolaborasi dengan Bawaslu Provinsi Maluku

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Provinsi Maluku M. Shaddek Fuad berharap kesuksesan peluncuran ini menjadi tanda yang baik bagi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Semoga pilkada nanti menjadi sarana untuk mempertemukan dan mempersatukan seluruh masyarakat Provinsi Maluku.

“Karena itu kami berharap, Pilkada nanti dapat berjalan dengan aman dan damai,” harapnya.

Perlu diingatkan bahwa, kata Shaddek Maluku terkenal dengan wilayah yang kuat dengan adat istiadat dan diikat dengan rasa persaudaraan yang tinggi. Sehingga itu menjadi modal bagi masyarakat negeri ini, untuk enam selama enam bulan kedepan, dapat menentukan pilihan yang tepat. Agar dapat memilih pemimpin yang tepat bagi Maluku.

“Siapapun yang terpilih itu adalah pemimpin kita bersama. Maka perlu kita maknai bahwa ini adalah sarana dan momentum bagi seluruh lapisan. Perlu dimaknai dengan lebih dewasa untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi daerah kita. Peluncuran ini jadi simbol bahwa kita siap untuk melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Sekaligus bertujuan untuk meningkatkan , tingkat partisipasi pemilih di Maluku,”tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *