Penjabat Gubernur Maluku Lepas 1068 Jamaah Calon Haji Embarkasi Antara Maluku

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Kloter 27 Jamaah Haji Embarkasi Antara Provinsi Maluku resmi dilepas oleh Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie., M.Si., IPU, di Aula Asrama Haji Waiheru Ambon, pada Jumat (31/5/2024).

Hadir pada kesempatan itu, Forkopimda Provinsi Maluku, Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Penjabat Bupati Maluku Barat Daya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Kota Ambon, pimpinan umat beragama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, serta pihak terkait.

Dalam laporannya Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pd, menjelaskan bahwa pemberangkatan hari ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 1005 tahun 2023 Tentang Kuota Haji, dimana kuota untuk Provinsi Maluku meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 1068, didalamnya juga ada peningkatan jumlah petugas yang sebelumnya paling banyak 3-5 orang, tetapi sekarang petugas yang dipersiapkan sebanyak 9 orang.

Yamin juga menyampaikan untuk calon jemaah haji Provinsi Maluku yang tertua berusia 94 Tahun, sementara yang termuda berusia 18 Tahun.

Pada kesempatan itu juga Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku mengucapkan terimakasih kepada Penjabat Gubernur Maluku dan Mantan Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Gubernur Maluku atas perjuangan dan kerja kerasnya, serta ucapan terima kasih yang sama juga kepada Mantan Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, yang sebelum berakhir masa jabatannya telah menandatangani berbagai macam dokumen terkait dengan persiapan penyelenggaraan haji di Provinsi Maluku,” ungkap Yamin.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Pribadi dan seluruh masyarakat, Sadali mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jemaah haji asal Provinsi Maluku.

Baca Juga:  Bangun Pulau Terluar, TMMD ke-110 Kodam XVI/Pattimura Resmi Dibuka

“Kepada seluruh calon jemaah haji asal Provinsi Maluku, selamat menunaikan ibadah haji, semoga perjalanan dan ibadah haji bapak ibu berjalan aman dan lancar,” ucap Pj. Gubernur.

Ia menjelaskan, Ibadah haji selain melaksanakan rukun dan amalannya, juga membangun persaudaraan dan ukhuwah islamiah.

“Jalinlah komunikasi dan silaturahmi dengan sesama calon jemaah haji dari berbagai daerah baik dari Indonesia maupun yang berasal dari negara lain, oleh karena itu jadikanlah momen ini sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan dan memperkaya pengalaman spiritual,” ungkap Sadali.

Ia juga menyampaikan, agar para calon jemaah haji bisa menjaga kesehatan dengan baik, agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna, karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat, untuk dapat melaksanakan serangkaian rukun haji, serta ikutilah semua peraturan dan pedoman yang telah ditetapkan dan jaga nama baik Provinsi Maluku di tanah suci.

“Kami juga berharap kepada calon jemaah haji untuk mendoakan Maluku menjadi negeri yang aman, damai dan sentosa, terutama beberapa bulan kedepan kita akan melaksanakan Pemilukada serentak, mohon doakan semoga pelaksanaannya aman, damai dan lancar, sehingga melahirkan pemimpin yang dapat menentukan mada depan Maluku 5 tahun kedepan,” harapnya.

Sadali memberikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah mempersiapkan pelepasan calon jemaah haji pada saat ini. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *