Pastikan Takbiran Aman dan Kondusif, Dandim dan Forkopimda Ambon Pantau Pos Pengamanan Terpadu

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Untuk memastikan malam takbiran menyambut Idulfitri 1445 Hijriah berlangsung aman dan kondusif, Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Oktavianus M Sinaga bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Ambon melakukan patroli gabungan dan memantau langsung operasi pengamanan terpadu oleh unsur Polri, TNI, instansi pemerintah terkait di beberapa lokasi pos terpadu, Selasa (9/4) malam.

Kapolresta Ambon Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, S.H, SIK mengatakan situasi kota Ambon dan sekitarnya masih terpantau aman terkendali.

“Saya dengan forkopimda kota Ambon sudah mengecek seluruh pos pengamanan dan pos pelayanan di seputaran kota Ambon termasuk kita juga mengecek lokasi-lokasi yang ada keramaian-keramaian melaksanakan takbiran termasuk yang pawai takbiran. Sejauh ini masih aman terkendali, tentunya kita pantau bersama-sama dengan rekan-rekan TNI juga mendukung kami pihak kepolisian, kita juga percaya bersinergi juga dengan pemerintah daerah,”kata Kapolresta.

Selain itu, Driyano menjelaskan, Penjabat Walikota Ambon dalam membantu pengamanan juga menurunkan dari dinas-dinas terkait yaitu dinas sosial, dinas pemadam kebakaran, dinas kesehatan, Satpol-PP, untuk sama-sama kita bersinergi mengamankan situasi di Kota Ambon.

“Tentunya untuk bagaimana agar konsentrasi massa ini jangan semuanya menumpuk satu tempat kita tentunya mengadakan penyekatan. Kita tahu bahwasanya di pusat kota banyak sekali yang melaksanakan pawai juga jangan sampai berkumpul di satu tempat sehingga menyebabkan kemacetan jadi perlu ada penyekat,”jelas Kapolresta.

Kapolresta menambahkan sudah memberikan himbauan, tentunya Kapolresta berharap masyarakat menyadari bahwasannya agar aman terkendali dan menghindari konsentrasi masa di satu titik keramaian sehingga tidak menyebabkan kemacetan.

“Kita juga menghimbau alangkah baiknya untuk pawai takbiran atau pun turun ke jalan itu tidak dilakukan, tapi kalaupun ada kita berharap jam 24.00 nanti semuanya sudah selesai. kalaupun masih mau melaksanakan takbiran biar di tempat-tempat ibadah ataupun di rumah masing-masing,”himbaunya.

Baca Juga:  Dorong Ketahanan Pangan Maluku, BI Gelar GNPIP Maluku 2023

Ia mengatakan pihaknya sudah menurunkan kurang lebih 800 personil dan juga didukung dengan rekan-rekan TNI dan juga dari Pemerintah Daerah tercatat sudah 1100 personil yang turun.

“Untuk besok pagi di pusatkan khususnya di kota Ambon berdasarkan instruksi dari bapak gubernur kita semua disiapkan sholat Ied di lapangan merdeka. Tapi juga ada beberapa tempat ibadah masjid-masjid juga melaksanakan, sehingga kita juga sebarkan anggota untuk melaksanakan pengamanan,”tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Bodewin M Wattimena mengatakan bulan suci Ramadan sudah hampir usai malam ini dengan malam takbiran. Pemerintah kota berharap kebahagiaan yang dirasakan oleh umat Islam di kota Ambon boleh saja dilakukan, tetapi tentu dengan terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Kita berharap bahwa besok di perayaan hari raya idul Fitri semua akan penuh dengan sukacita dan kebahagiaan dan mudah-mudahan dengan kerja keras dari aparat kepolisian dan TNI situasi kota Ambon di malam ini bisa aman dan terkendali. Tentu jadi harapan kita tetap sampai dengan perayaan hari raya idul Fitri dengan yang dilakukan dengan baik di kota Ambon,”harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Oktavianus M Sinaga menambahkan Kodim 1504/Ambon mendukung pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam rangka pengamanan malam takbiran ini.

“Personil kita selalu bergabung dengan kepolisian dan tergelar di kota Ambon pos-pos pelayanan dan pos terbagi. Intinya Kodim 1504/Ambon akan membackup kepolisian dalam pengamanan ini,”ungkapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *