Buka Assessment, Wawali : Jabatan adalah Kepercayaan Bukan Hak

  • Whatsapp

Ambon, SNI – Jabatan bukanlah hak, melainkan kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada pegawai yang dianggap mampu dan cakap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler saat membuka Seleksi Terbuka Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Selasa (16/2/2021) di meeting room Marina Hotel.

Wawali menekankan bahwa jabatan jangan dikejar, karena ketika dikejar, cenderung akan menghalalkan segala cara. Tunjukkan loyalitas dan dedikasi dalam tugas pokok fungsi masing-masing sesuai tanggung jawab yang dipercayakan.

“Dengan demikian, saudara-saudara dapat memperoleh kepercayaan untuk mengemban jabatan sesuai kompetensi yang dimiliki.
Saya berharap dan percaya saudara-saudara yang mengikuti seleksi terbuka disaat ini dapat tetap menjalankan tugas sudara-saudara dengan baik sesuai bidang kerja masing-masing,” aku Wawali.

Seleksi Terbuka yang dilakukan, kata Wawali, adalah upaya dalam rangka mengisi JPT Pratama yang lowong dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Karenanya, seleksi terbuka saat ini diikuti oleh ASN yang dianggap sudah memenuhi standar, baik administrasi, loyalitas maupun dedikasi sehingga dinilai pantas untuk mengikuti seleksi dimaksud,” imbuhnya.

Seleksi ini, lanjut Wawali, adalah untuk menciptakan kinerja yang lebih maksimal dimana semua proses pentahapan sudah mendapat rekomendasi dari KASN ysng tertuang dalam surat rekomendasi nomor B-528/KASN/02/2021 tanggal 2 februari 2021 yang intinya menyetujui pelaksanaan seleksi terbuka, begitupun dengan rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri tentang penggunaan assesor.

Menurut Wawali, Seleksi terbuka JPT untuk mencari pejabat yang memenuhi standar sumber daya manusia yang berkualitas serta memiliki semangat kerja yang tinggi dalam mendukung perubahan serta mensejahterakan rakyat dan masyarakat.

“Dan seleksi terbuka ini untuk menjamin objektivitas, keadilan, transparansi dan akuntabilitas,” kata Wawali.

Baca Juga:  Kodam Pattimura Terima Sosialisasi Pembentukan Komcad oleh Ditjen Kemhan RI

Wawali berharap, nantinya pejabat yang lolos seleksi, tidak hanya menduduki jabatan, tapi harus mampu melaksanakan dengan baik, apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Ambon.

“Harapan saya, ASN yang terpilih adalah mereka yang memiliki kompetensi yang unggul dan profesional yang dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik,” demikian Wakil Walikota. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *