Dandim 1504/Ambon Pimpin Rakor Wilayah Pertahanan Darat 

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID : Kodim 1504/Ambon menggelar Rakor Wilayah Pertahanan Darat bersama dengan Bapeda Kota Ambon beserta Camat Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Rakor ini dipimpin langsung Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Christian Soumokil yang bertempat di Aula Makodim 1504/Ambon, Selasa (21/12/21).

Rapat Koordinasi Wilayah Pertahanan Darat yang diselenggarakan di Aula Makodim 1504/Ambon adalah bentuk peran dan Kiprah TNI bersama dengan Forkopimda setempat yang ada di P. Ambon dan P.p. Lease.

Kegiatan ini untuk memadukan dan menyelaraskan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat dengan rencana tata ruang wilayah pemerintah daerah sehingga dapat mewujudkan pembinaan teritorial TNI AD, yang adaptif dan tangguh.

Upaya dan ide Dandim 1504/Ambon dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, untuk menjalin Koordinasi lintas sektor, sinergitas antar sektor, dengan forkopimda setempat dalam memaksimalkan sistem pertahanan di wilayah.

Dalam sambutannya Dandim 1504/Ambon menyampaikan bahwa forum ini adalah forum silaturahmi dan koordinasi, yang dapat meningkatkan serta menguatkan peran Kodim 1504/Ambon dengan semua Stake holder dan forkopimda terkait. Untuk bekerja sama lebih baik lagi dalam konsep penataan tata ruang wilayahnya.

“Peran Kodim 1504/Ambon dalam tata ruang wilayah dan meneropong iklim dinamika sosial, khususnya di wilayah P. Ambon dan P.p. Lease, bersama dengan Forkopimda setempat sangatlah kompleks sehingga perlu adanya keterpaduan dalam menatanya kembali,”kata Dandim.

Dandim juga menjelaskan TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan memiliki tugas yang harus diemban. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Baca Juga:  Dandim 1504 Ambon Sambut Kedatangan Pangdam Baru

“Poin terpenting dalam forum ini adalah hasil konsensus sebagai literatur penataan wilayah pertahanan darat untuk mewujudkan pembinaan teritorial TNI AD yang adaptif dan tangguh dengan pemerintah daerah,”jelas Dandim.

Dandim juga mengajak seluruh peserta yang hadir agar mengikuti kegiatan sosialisasi dengan baik, dengan tema materi yang disampaikan oleh koordinator adalah koordinasi RT RW Pertahanan Darat di Wilayah Kodim 1504/Ambon yang disampaikan oleh Pabung Malteng Mayor Inf Wahyu.

Dandim juga berpesan kepada seluruh peserta khususnya kepada seluruh camat yang hadir agar kita semua berperan aktif dalam program vaksin nasional, dan jangan lupa untuk menghimbau warganya, demi suksesnya percepatan serbuan vaksin di Maluku. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *