Penjabat Walikota Ambon Buka Bimbingan Manasik Haji 2022

  • Whatsapp

SNI.ID, Ambon : Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, membuka acara Pembimbingan dan Pelatihan Manasik Haji Tingkat Kota Ambon Tahun 2022 yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), bertempat di Asrama Haji, desa Waiheru, Selasa (14/6/22).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota, Bodewin M. Wattimena dalam sambutan mengatakan manasik haji merupakan simulasi pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun – rukunnya seperti belajar melakukan praktik tawaf, syai, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

“Manasik haji bertujuan mempermudah CJH dalam memahami ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis, sehingga menjadi jamaah haji yang mandiri dan mampu melaksanakan proses ibadah haji dengan baik dan benar,” jelasnya.

Dikatakan, penyelenggara manasik haji, memiliki tanggungjawab yang besar bagi untuk turut memberikan bimbingan yang terbaik bagi calon jemaah haji.

“Selaku Wali Kota, saya mendorong agar manasik haji yang dilaksanakan dengan kualitas terbaik oleh penyelenggara, dan diikuti dengan sungguh – sungguh oleh setiap CJH,” ungkap Wattimena.

Kepada para jemaah haji Kota Ambon, Penjabat Wali Kota berharap agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan senantiasa menjaga kesehatan jasmani maupun rohani dan menerapkan hidup bersih dan sehat sebagaimana dianjurkan dalam Germas.

“Marilah kita doakan agar jemaah haji kota ambon agar diberi kemudahaan dan kelancaran oleh Allah SWT,” tutup Penjabat.

Sementara itu, Kepala kantor Kemenag kota Ambon yang juga ketua panita penyelenggara Ibadah Haji Kota Ambon Fahrurrazi Hassanussi dalam laporannya menjelaskan, seluruh CJH dari kabupaten/kota di provinsi Maluku akan menempati Asrama Haji pada 22 Juni 2022, dan keesokan harinya akan dilakukan PCR sekaligus acara pelepasan.

Baca Juga:  Sholat Jumat Keliling, Pangdam Pattimura dan Kapolda Maluku Jalin Sinergitas

“Pada 24 Juni seluruh CJH akan diberangkatkan ke embarkasi Makkasar untuk selanjutnya bertolak ke bandara Jeddah Saudi Arabia,” pungkasnya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *