Mulai 1 Hingga 14 Mei, KPU Maluku Buka Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD dan DPD

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD dan DPD. Pendaftaran dibuka mulai hari ini 1 hingga 14 Mei 2023.

“KPU Provinsi Maluku akan menerima pengajuan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku dan pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Maluku. Untuk waktu pendaftaran di kantor KPU Maluku sendiri dimulai pada 1 Mei hingga 14 Mei 2023 pukul 08.00 WIT hingga 23.59 WIT,”kata Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rizal Kubangan, di Kantor KPU Provinsi Maluku, Senin (1/5).

Menurutnya, pada hari pertama pembukan pengajuan bakal calon DPRD dan pendaftaran bakal calon DPD RI, sampai saat ini belum ada yang mendatangi kantor KPU Provinsi Maluku.

“Pengajuan pencalonan anggota DPRD telah disahkan dengan peraturan KPU nomor 10 tahun 2023 tentang tentang pencalonan anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Kemudian untuk peraturan KPU nomor 11 tahun 2023 tentang perubahan kedua diatas, maka peraturan komisi pemilihan umum nomor 10 tahun 2022 tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota DPRD,”ujarnya.

Selaku KPU Provinsi Maluku, Kubangun menjelaskan, telah melaksanakan bimbingan teknis terhadap tata cara pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi Kabupaten Kota kepada KPU Kabupaten Kota Se-Maluku pada bulan april 2023 lalu.

“Kami juga melaksanakan sosilisasi cara pengajuan bakal calon anggota DPRD pada partai politik peserta pemilu 2024 dan tata cara penggunaan Sistem Informasi Percalonan ( SILON ),”jelasnya.

Selain itu, KPU Provinsi Maluku juga telah memberikan penguman pengajuan bakal calon anggota DPRD pada akun sosial media KPU Provinsi Maluku.

Ia juga berharap agar semua partai politik melakukan pengajuan dengan tepat waktu yang sudah ditentukan, supaya semua bisa berjalan aman dan lancar. (Frans)

Baca Juga:  Binda Maluku Gandeng Pemprov dan Pemkot Gelar Vaksinasi Massal Untuk 3500 Pelajar di Ambon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *