Dewan Masjid Indonesia Maluku Gelar Musyawarah Ke-II, Gubernur Berikan Apresiasi

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dewan Masjid Indonesia Provinsi Maluku menggelar musyawarah wilayah Ke II di Aula Lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (9/9/2023). dan dihadiri oleh pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Se Maluku.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Maluku Habiba Saimima mengatakan selaku Gubernur Maluku, ada beberapa hal yang ingin disampaikan : pertama, atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku, Gubernur memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Musyawarah Wilayah II Dewan Masjid Indonesia Provinsi Maluku pada hari ini.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap pelaksanaan musyawarah ini, dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis, dan menjadi wadah bagi DMI Provinsi Maluku, untuk menyatukan tekad dan semangat, serta meningkatkan peran organisasi DMI dalam rangka memakmurkan masjid di provinsi Maluku,”harapnya.

Kedua, Gubernur menjelaskan, sebagai organisasi yang melaksanakan pembinaan dan memakmurkan masjid, DMI Provinsi Maluku diharapkan mampu mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

“Sebab kehadiran rumah ibadah hendaknya mampu menjadi cerminan, atas budaya islam yang ramah, toleran, dan rahmatan lil ‘alamin. Oleh karena itu, manajemen masjid menjadi penting dalam membina dan menggerakkan potensi umat, yang berdasarkan pada prinsip fungsi masjid, karakteristik manajemen masjid, struktur organisasi, manajemen masjid, dan konsep kemakmuran masjid,”jelasnya.

Ketiga, Gubernur menambahkan, DMI diharapkan juga tidak hanya memperhatikan fungsi masjid sebagai rumah ibadah dan sarana muamalah, tetapi juga melakukan, berbagai kreativitas, inovasi, dan dukungan moral maupun fisik dari segenap elemen yang terkait dengan keberadaan masjid atau mushola, agar tidak sekedar menjadi bangunan untuk tempat sholat dan mengaji, namun juga menjadi sarana yang representatif bagi pengembangan potensi keumatan, dalam hal ini umat islam agar bisa hidup lebih bermanfaat dan berkualitas.

Baca Juga:  Dandim 1504/Ambon Pimpin Acara Kenaikan Pangkat Bintara dan Tantama Kodim 1504/Ambon

“Untuk itu, melalui musyawarah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Maluku ini, saya harap dapat dirumuskan berbagai program dan rekomendasi yang mengarah pada pemberdayaan masjid, sebagai sarana peningkatan moral spiritual sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,”tutupnya.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia Musda, Kasrul Selang mengatakan hari ini agenda kami yaitu pelantikan pengurus baru, kebetulan pengurus Dewan Masjid Indonesia Wilayah Maluku ini berakhir tahun kemarin .

“Pada tahun kemarin sebagaimana anggaran dasarnya, bahwa dalam waktu paling lama satu tahun pengurus baru sudah harus ada kepengurusannya. Karena bertubrukan dengan kesibukan masing-masing akhirnya muswil baru bisa dilaksanakan hari ini. Muswil kali ini untuk mengisi kekosongan DPP DMI yang sebelumnya menunjuk karateker, yang menjadi Karateker Dewan Majelis Maluku yaitu Ketua Organisasi Dr. Muhtadin, sedangkan untuk Wakil Ketua saya ditunjuk sebagai karateker. Tugas utama karateker adalah untuk membentuk pengurus baru,”kata Selang.

Selang menjelaskan untuk mendapat pengurus baru ini dimulai dari musyawarah, kemudian dari hasil musyawarah nanti mereka yang punya hak untuk suara itukan DPD.

Untuk DPD terdiri dari Kota Ambon, Kabupaten Malteng, Kabupaten Buru, Kabupaten Bursel, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten SBB. Kemudian DMI ada juga ortumnya yg memiliki hak suara, ortumnya ini yaitu BKPRI dan Prima. Kemudian imam besar Alfatah juga punya hak suara.

“Hari ini kita menggelar sidang, diharapkan sidang ini dapat merujuk kepada tokoh-tokoh yang ada saat ini, dari unsur pemerintahan maupun unsur sektor-sektor lain untuk bisa berpartisipasi. Dalam sidang ini ada calon-calon yang akan dipilih bersama dalam pemilihan, jika harus dilakukan aklamasi maka kita akan lakukan aklamasi. Sebelum itu, kita melakukan musyawarah atau berunding, kemudian vooting. Dari hasil Vooting ini akan menentukan pengurus baru nantinya,”jelas Kasrul.

Baca Juga:  Satgas Pangan Polda Maluku Awasi Pelaksanaan Pasar Murah

Menurut Kasrul, Ketua Dewan Masjid Indonesia di pusat akan hadir untuk melantik pengurus yang baru.

“Kegiatan muswil ini berlangsung hanya satu hari saja, mudah-mudahan sore ini sudah selesai. Bapak Sekertaris Daerah Maluku Sadili Ie berkenan untuk mencalonkan diri, kalau misalnya tidak ada calon-calon lain lagi maka kita akan aklamasi untuk tunjuk beliau menjadi Ketua DPW Provinsi yang selanjutnya,”tutup Kasrul. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *