Dandim 1504/Ambon Jadi Irup Pelepasan Etape VIII Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam XVI/Pattimura

  • Whatsapp

SNI.ID, MALTENG : Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Leo Octavianus MS, S. Sos., M.I.Pol., mewakili Pangdam XVI/Pattimura sebagai Inspektur Upacara pada upacara pelepasan Etape VIII Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam XVI/Pattimura yang Ke-75 Tahun 2023, di Benteng Amsterdam, Negeri Hilla, Kec. Leihitu, Kab. Malteng, Senin (18/12/2023).

Kegiatan Upacara Pelepasan Etape VIII Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam XVI/Pattimura Yang Ke-75 Tahun 2023, oleh Pangdam XVI/Pattimura yang diwakili oleh Dandim 1504/Ambon, merupakan rangkaian peringatan Hari Juang Infanteri Ke-75 Kodam XVI/Pattimura, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, Patriotisme dan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta untuk tingkatkan semangat kebanggaan Korps Infanteri.

Dalam kesempatannya Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Leo Octavianus MS, S. Sos., M.I.Pol., membacakan sambutan Pangdam XVI/Pattimura mengatakan kegiatan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu tanggal 18 Desember, merupakan tradisi Prajurit Korps Infanteri untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah 75 Tahun silam, salah satu peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah korps Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948.

“Dengan melaksanakan perang rakyat semesta dimana pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (infiltrasi) dengan cara Long March kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk kantong-kantong kekuatan sebagai titik kekuatan pertempuran gerilya, bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan tersebut merupakan taktik dan strategi prajurit Infanteri untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan,”katanya.

Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan tugas Infanteri sangat di tentukan oleh sejauh mana efektivitas pembinaan satuan Infanteri meliputi pembinaan organisasi, latihan, personil, materil, piranti lunak dan pangkalan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas yang di emban setiap prajurit Infanteri, perlu dilaksanakan kegiatan pembinaan personil Infanteri melalui penyelenggaraan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya.

Baca Juga:  Lestaluhu : Perkuat Demokrasi Di Maluku, Harus Jalankan Pendalaman Calon Kepala Daerah

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah salah satu tradisi korps Infanteri yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Serta dapat meningkatkan semangat kebanggaan jiwa korsa dan soliditas prajurit-prajurit Infanteri TNI AD sesuai dengan tema Hari Juang Infanteri ke 75 tahun 2023 ini yaitu ‘Infanteri yang Profesional, Modern dan di Cintai Rakyat’,”pungkasnya.

Ia menambahkan kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya bertujuan juga untuk mengukur kemampuan fisik perorangan dan Satuan serta kualitas kesegaran jasmani Prajurit Infanteri, melalui kegiatan gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya.

“Saya berharap dapat mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan Prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang mundur dan menyerah juga contoh keteladanan Panglima Besar Jendral Sudirman kepada generasi muda Indonesia,”harapnya.

Untuk diketahui, Kegiatan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka di etape VIII berhasil dilepas oleh Dandim 1504/Ambon dititik start etape VIII yang berlokasi di benteng Amsterdam Negeri Hila menuju ke etape IX yang berlokasi di pantai Moke Negeri Morella Kec. Leihitu, Kab. Malteng berlangsung aman dan lancar.

Selain itu, Pasukan yang dilepas di etape VIII yang akan menuju ke etape IX, diantaranya dua Peleton dari Satuan Yonif 733/Masariku, Satu Peleton dari Satuan Denkav 5/BLC, dan satu Peleton Satuan Denzipur 5/CMG.

Hadir pula Dan Secata Rindam XVI/Ptm (Letkol Inf Alex Donald Maritua Gaoul, S. E. M. M), Pgs. Dan Belneg Rindam XVI/Ptm (Letkol Inf Ketut Budiono, S. Ag), Kasi Ren Opslat Rindam XVI/Ptm (Letkol Inf Firman, S. I. P, MM), Dan Yonif 733/MSK (Letkol Inf Julius Jongen Matakena, S. H), Kasi Pam Ops Rindam XVI/Ptm (Mayor Inf Saiful Hadi), Pabung Maluku Tengah (Mayor Inf La Ala Buton), Danramil 1504-05/Leihitu (Kapten Inf Dewa Agung), Kapolsek Leihitu (Iptu Moyo), Penjabat Negeri Hila (Bpk. Umar Makatita). (*)

Baca Juga:  Perangi Narkoba, Kamla Zona Maritim Timur dan BNN Laksanakan Tes Urine

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *