Kapolri Sapa Dua Siswa SLB Penerima Bantuan Kursi Roda dari Kapolda Maluku

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara, Kepolisian Daerah Maluku kembali melaksanakan serangkaian kegiatan kemanusiaan dengan nama bakti kesehatan.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif ini, dilaksanakan di Tribun Lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Kota Ambon, Rabu (26/6/2024).

Bakti kesehatan sendiri dilakukan secara serentak oleh Polri di Indonesia. Kegiatan sosial kemanusiaan ini ikut dipantau langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui sarana zoom meeting dari Polres Karawang, Jawa Barat.

Di Polda Maluku, bakti kesehatan yang dilakukan diantaranya pengobatan gratis, donor darah, sunatan masal, bedah minor dan pelayanan pemasangan KB oleh tim kesehatan BKKBN Maluku.

Tak hanya itu, Kapolda Maluku juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada 2 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batu Merah Ambon. Mereka adalah penyandang disabilitas (tuna daksa).

Dua siswa SLB yang mendapatkan bantuan kursi roda dari Kapolda yaitu M. Eza Syhaputra, siswa kelas 3 SD dan Desi Rumuar, siswi Kelas 3 SMP.

Saat pelaksanaan bakti kesehatan di Polda Maluku, Kapolri secara langsung ikut memantau dan menyapa dua siswa SLB penerima kursi roda melalui zoom meeting.

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku dalam laporannya kepada Kapolri, mengaku kegiatan yang dihelat ini selain dihadiri para penyandang disabilitas juga hadir para warakauri dan purnawirawan.

“Biasanya memang kegiatan bakti kesehatan ini menjadi sarana dan ajang kita untuk reuni dan kangen-kangenan silaturahmi ketemu dengan para purnawirawan dan warakauri serta dari Bhayangkari Polda Maluku,” kata Kapolda.

Di momentum yang sangat baik tersebut, Kapolda Maluku tidak hanya memberikan laporan namun juga menyampaikan harapan pihaknya bersama masyarakat kepada Kapolri.

Baca Juga:  Talle : Kasus DBD Tahun 2021 di Kota Ambon Lebih Meningkat di Bandingkan Tahun 2020

“Bapak Kapolri di wilayah Maluku ini terdiri dari 1392 Pulau, dan ada 7 Pulau besar yang dihuni. Setiap pelayanan (kesehatan) semua masih mengandalkan di Ambon, sehingga Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit TNI, Rumah Sakit Pemprov atau Pemda itu merupakan idola dari masyarakat untuk mereka mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Rumah Sakit Bhayangkara Polri sendiri sudah sangat diminati dan disenangi oleh masyarakat. Sebab, Polda Maluku terus meningkatkan berbagai pelayanan-pelayanan pendukungnya.

“Kami berharap mungkin dari pusdokkes sesuai dengan harapan kita ada prioritas untuk CT Scan. Karena CT Scan ini sangat diharapkan oleh kita. Banyak kasus kasus kejadian trauma dan sebagainya yang membutuhkan dan memerlukan penanganan cepat tidak perlu dibawa ke Jakarta tapi bisa kita tangani cukup di Ambon. Ini supaya biayanya sangat murah, cepat dan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelas Kapolda.

Kepada Kapolri, Kapolda juga melaporkan bahwa Rumah Sakit Bhayangkara Ambon pada tahun 2023 mendapatkan predikat terbaik di wilayah timur dari BPJS. “Predikat tersebut diserahkan langsung kepada Kabid Dokkes Polda Maluku,” katanya.

Kapolda Maluku juga mengenalkan dua penerima bantuan kursi roda yang merupakan siswa siswi SD dan SMP SLB Batu Merah Ambon. Mereka adalah Eza Saputra dan Desi Rumuar.

“Bapak Kapolri bila diizinkan hari ini ada adik kita yaitu Eza Saputra yang mendapatkan bantuan kursi roda di sebelah kiri saya, dan ada Desi Rumoar juga mendapatkan bantuan kursi roda,” ucap Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Desi Rumuar, langsung menyapa Kapolri. Ia menyampaikan terima kasih atas bantuan kursi roda. Ia pun mendoakan semoga Kapolri selalu dilindungi oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga:  Peduli Terhadap Sesama, Pangdam Pattimura Berikan Bantuan Kepada Korban Tanah Longsor

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Nama saya Desi kelas 3 SMP sekolah SLB Negeri Batu Merah Ambon. Terima kasih Bapak Kapolri atas bantuan kursi roda kepada Desi, semoga Allah SWT selalu melindungi bapak Kapolri, Amin Ya Rabbal Alamin,” ucap Desi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku, juga seluruh rekan-rekan jajaran TNI, Pemerintah Daerah, Ibu-ibu Bhayangkari dan seluruh pihak yang terlibat. Termasuk terhadap Desi dan Eza, penerima bantuan kursi roda.

“Terima kasih atas laporannya dan juga manfaat dari rumah sakit Maluku yang betul-betul bisa dirasakan tidak hanya oleh anggota namun oleh masyarakat,” kata Kapolri.

Terkait dengan harapan Kapolda Maluku untuk mendapatkan bantuan peralatan CT Scan, Kapolri meminta Kapuldokkes agar segera ditindaklanjuti.

“Tadi sudah dicatat oleh pak Kapuldokkes terkait dengan kekurangan CT Scan, semoga segera diprogramkan, dipenuhi sehingga ini betul-betul bisa bermanfaat baik untuk masyarakat dan juga tentu untuk anggota kita sendiri,” pinta Kapolri.

Kepada dua penerima bantuan kursi roda, Kapolri juga memberikan semangat kepada mereka agar terus bersekolah. “Salam untuk keluarga dan saya yakin ke depan kalian akan jadi anak-anak yang pintar, anak-anak yang berhasil dan pasti bisa berbakti dengan baik untuk masyarakat bangsa dan negara,” harapnya.

Kepada Kapolda dan Jajaran, Kapolri mengharapkan untuk tetap semangat dan terus melakukan hal-hal yang baik, hal-hal yang bermanfaat, hal-hal yang betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

“Tentunya semua adalah amal ibadah rekan-rekan dan tentunya jalani semuanya dengan ikhlas dengan sebaik-baiknya dan tentunya ini menjadi pahala buat rekan-rekan semua, salam untuk semua anggota yang bertugas dan tetap semangat,” pungkas Kapolri.

Untuk diketahui, bakti kesehatan yang dilakukan diantaranya donor darah yang diikuti 225 orang; khitanan massal yang diikuti 50 orang; stunting 172 orang; bedah minor 10 orang; KB 125 orang; pengobatan umum 1264 orang (golongan darah 750, umum : 514); pengobatan gigi 305 orang; BHD 20 orang; Dan penyandang disabilitas 207 orang.

Baca Juga:  Jelang HUT ke-78 Bhayangkara Polda Maluku Gelar Lomba Tiga Pilar Kamtibmas

Selain bantuan kursi roda kepada siswa SLB, Polda Maluku juga memberikan bantuan kursi roda kepada Aipda (Purn) Hasan Junaidi, dan Ibu Mery Lufkey, Istri AKP (Purn) Alm. Zadrach Lufkey.

Tak hanya itu, Polda Maluku juga memberikan bantuan alat bantu dengar, tongkat. Alat bantu dengar kepada Kompol (Purn) Jeferson Moniharapon, dan tongkat kepada Iptu Arnold Sopacua, bertugas di satker Bidang Dokes Polda Maluku, dan Yunus Peseletehaa, Pengda TK I di Satker Bidang Dokes Polda Maluku.

Di tempat yang sama, Ibu dari Desi Rumuar, penerima bantuan kursi roda menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku yang telah memberikan bantuan kepada putrinya.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada bapak Kapolda. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Terima kasih banyak bapak Kapolda semoga amal dan perbuatannya diberkahi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *