Haornas, Gubernur Maluku Bacakan Amanat Menpora RI

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Gubernur Maluku menjadi inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 Tahun 2022 di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (9/9/2022).

Di kesempatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail membacakan amanat Menpora RI Zainudin Amali terkait Haornas tahun 2022 yang bertema, “Bersama Cetak Juara”.

Gubernur menyebut, implementasi lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas yakni mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi.

“Selanjutnya untuk optimalisasi permassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahrgaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahfagaan, mari kita sama sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaan saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tambahnya.

Gubernur juga mengungkapkan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia yang telah memberikan arahan tentang pembinaan olahraga secara umum dan khususnya peningkatan prestasi olahraga nasional, serta Wakil Presiden Republik Indonesia yang telah menjadi Ketua Tim Koordinasi Pelaksanaan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tantang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju bersama Pimpinan Lembaga Non Kementerian yang telah menjalin kerjasama membangun sinergi untuk implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) beserta seluruh insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama dalam upaya memajukan olahraga di Indonesia.

Baca Juga:  Kolaborasi Bangun Pendidikan di Maluku, Universitas Terbuka Ambon Gelar Media Gathering 

“Baik untuk olahraga prestasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga rekreasi, serta untuk rekan-rekan KONI, KOI, NPC Indonesia, KORMI Nasional, PORTURIN, SOINA, BAPOPSI/BAPOMI, para atlet elit dan junior, pelatih di PPLP/SKO/kIub-klub/sekolah-sekolah, para pembina di induk organisasi cabang olahraga /PB-PB/PP-PP/Pengprov/Asprov, dan lain-lain, juga kepada rekan rekan wartawan yang turut aktif mempromosikan olahraga dan yang bergabung di SIWO PWl,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku selaku Ketua Panitia menjelaskan moment peringatan HARONAS ke 39 menyatukan semua orang dan harapan membaktikan kembali kejayaan prestasi olahraga di Maluku.

Menurutnya, untuk mewujudkannya di perlukan kerja sama semua pemangku kepentingan yg di bangun secara intens, melalui pemerintah pusat dan daerah KONI provinsi Maluku, serta KONI Kabupaten/Kota, pengurus cabang olahraga serta stakeholder dan kooperatif olahraga.

Selain itu, Sandy menjelaskan untuk bersama-sama mewujudkan kemampuan olahraga di provinsi Maluku dan dengan semangat yang di landasan slogan MURAD memiliki makna sebagai berikut : (M) Maju pantang mundur ke gelanggang dengan semangat patriot olahraga, (U) Unggul dalam setiao event, (R) Rasional dalam menentukan skala prioritas prestasi cabang olahraga, (A) Akuntabilitas pengelolaan serta penggunaan anggaran dan aset yang efisien dan efektif, dan (D) Dedikasi mengorbankan tenaga pikiran dan waktu untuk meraih puncak prestasi olahraga.

“Kita optimis kita prestasi olahraga di provinsi Maluku semakin berkembang karena kita atlet Maluku dpt berkiprah serta melukis prestasi terbaik pada ajang olahraga Nasional,”harapnya.

Upacara Haornas ini diikuti oleh Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku beserta isteri, Sekda Maluku beserta OPD Lingkup Pemprov Maluku, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon dan tamu undangan lainnya. (SNI-03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *