Pelayanan Cathlab di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon Dijamin BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dalam rangka mendukung transformasi mutu layanan, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Johanis Leimena Ambon (RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon) untuk pelayanan kateterisasi cathlab per tanggal 06 November 2023.

Layanan kateterisasi jantung (cathlab) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah.

Direktur utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon, drg Saraswati, MPH menyampaikan bahwa RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya adalah dengan adanya layanan cathlab tersebut.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Salah satu cara adalah dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis, seperti pelayanan cathlab ini,” ujar Saraswati kepada wartawan dalam releasenya, Rabu (8/11/23).

Saraswati mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak BPJS Kesehatan atas kerjasama pelayanan cathlab.

“Saya mewakili RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah melakukan kerjasama pelayanan cathlab dengan kami. Kami berharap semoga dengan adanya pelayanan cathlab ini peserta JKN di Provinsi Maluku tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar Provinsi Maluku. Selain itu juga, kami jajaran RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon juga tetap berkomitmen agar dapat memberikan pelayanan terbaik tanpa ada iur biaya, kekosongan obat dan tanpa diskriminasi sesuai isi Janji Layanan JKN,” tutur Saraswati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf mengapresiasi segala upaya dan kinerja semua pihak yang terlibat dalam proses kerjasama layanan kateterisasi jantung di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon.

Baca Juga:  Danramil Salahutu Terus Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

“Kami sangat mengapresiasi segala upaya dan kinerja yang telah dilakukan semua pihak sehingga kerjasama layanan cathlab ini dapat terselenggara dengan baik,” ucap Saiyed.

Saiyed menambahkan bahwa layanan cathlab ini merupakan bentuk kolaborasi untuk mendukung penuh Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Ia menjelaskan bahwa jika berbicara mengenai universal health coverage (UHC) artinya tidak hanya tentang cakupan kepesertaan, namun juga tentang aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada seluruh Peserta JKN.

“UHC itu kan tidak hanya fokus pada cakupan kepesertaan. Namun, kita juga tetap harus memperhatikan aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada Peserta JKN. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan bersama-sama dengan fasilitas kesehatan fokus kepada Transformasi Mutu Layanan. Salah satu pengejawantahan dari Transformasi Mutu Layanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) adalah perluasan layanan kerjasama cathlab, kemoterapi dan radioterapi. Alhamdulillah, di tahun 2023 ini yang sudah bisa terwujud adalah kerjasama layanan cathlab di Provinsi Maluku,” kata Saiyed.

Sebagai informasi, dalam proses kerja sama ini, BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan terobosan dengan penyesuaian proses kredensialing dengan harapan memberikan kemudahan dalam kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan.

Di akhir kata, Saiyed berharap kerjasama layanan cathlab dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan pemerataan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku. Kerjasama layanan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Peserta JKN. Salah satunya yaitu efisiensi biaya akomodasi dan transportasi jika peserta berobat ke luar daerah Provinsi Maluku. Dan kami juga berharap agar kedepannya bisa dilakukan perluasan kerjasama kemoterapi dan radioterapi di Provinsi Maluku,” harap Saiyed.

Baca Juga:  Pj Walikota Ambon Harap Dinkes dan DPPKB Harus Bersinergi Dalam Penurunan Stunting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *