Komandan Lanud Pattimura Hadiri Seminar Nasional Budaya Safety Keselamatan Terbang Tahun 2023

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Tio Hutapea, S.Sos., M.A.P., menghadiri Seminar Nasional Safety TNI Angkatan Udara TA. 2023, bertempat di Gedung Puri Ardhya Garini, Halim PK, Jakarta Timur, Kamis, (9/11/2023).

Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Puslaiklambangjaau) menggelar seminar Nasional dengan tema “Strategi Pembangunan Total System in Aviation Safety guna mewujudkan Generative Safety Culture TNI Angkatan Udara”.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., dalam keynote speechnya yang dibacakan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si. (Han) mengatakan bahwa safety merupakan domain yang paling fundamental dalam penerbangan, untuk itu perlu diexplore lebih dalam lagi dan diwujudkan di Lingkunagan TNI Angkatan Udara.

“Untuk mencapai tingkat keselamatan diperlukan pendekatan yang koperhenshif dan ini merupakan peran dari konsep “Total System” yakni menganggap seluruh industri penerbangan sebagai satu kesatuan sistem yang terintegrasi ke berbagai elemen dalam penerbangan serta untuk meminimalisir resiko dan sisi lain dalam keselamatan penerbangan, tambahnya,”katanya.

Menurutnya, Seminar Nasional Safety ini diselengarakan guna mendapatkan informasi secara langsung dari para Narasumber yang berkompeten bidang penerapan total system dalam suatu organisasi sebagai bahan masukan dalam pembangunan total system guna mewujudkan Generative Safety Culture di TNI Angkatan Udara.

Kasau menambahkan bahwa safety dalam dunia penerbangan bersifat dinamis, bahaya dan resiko dalam penerbangan selalu ada dan senantiasa bekembang, namun selama resiko bisa dikendalikan dengan tepat, maka kondisi safety masih tercapai guna mendapatkan zero accident.

Ikut Hadir dalam seminar Nasional Safety yaitu, para Komandan satuan TNI AU, para Narasumber Co Leader Joint Working Grup on Safety and Royal Ausyralian Air Force, Air Commandore Inspectorate Republic Singapura Air Force, President of safety PT. KAI, Pangkoopsudnas, Dankodiklatau, Instasi Sipil dan Swasta serta undangan terkait lainya. (*)

Baca Juga:  Kasdam XVI/Pattimura Hadiri Musda LVRI Provinsi Maluku Periode 2023- 2028

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *