Hari Ketiga MTQ, Personel Samapta Polres KepTan Gencar Patroli

  • Whatsapp

SAUMLAKI, SNI.ID : Personel Piket Samapta Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Tanimbar (KepTan) semakin gencar melaksanakan tugasnya mulai dari awal pelaksanaan lomba akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Provinsi Maluku yang sementara berlangsung dan menginjak hari Ke-3 pelaksanaannya di Tanimbar.

Kegiatan patroli dilaksanakan pada Minggu (20/03/2022) tersebut diawali pada pukul 21.00 WIT.

Para personel yang melaksanakan perintah Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., berjumlah 8 orang, terdiri dari Bripka A. Lelangluan, Bripka. B. Panjaitan, Bripka A. Laware, Brigpol A. Sianressy, Briptu T. O. Daniel, S.H., Briptu J. Wutlanit, Bripda V. Lamere, dan Bripda W. Batmomolin, mulai bergerak menuju titik-titik yang telah dipetakan untuk melakukan patroli, diantaranya pada rute Olilit Barat, areal Pasar Ikan Saumlaki, seputaran Lapangan Mandriak, wilayah Pasar Omele dan sekitarnya, ruas Jalan Poros, dan berakhir di areal Taman Kota tempat berlangsungnya pameran MTQ.

Bripka Lelangluan kepada wartawan menjelaskan yang menjadi sasaran dilakukannya patroli adalah beberapa pelanggaran Kamtibmas yang selalu disengaja untuk dilakukan oleh masyarakat.

“Sasarannya kali ini yaitu, pengguna kendaraan bermotor yang sengaja mempersingkat waktu berkendara dengan cara melawan arus lalu lintas, berkendara tidak menggunakan pengaman kepala berupa helm, berboncengan melebihi 2 orang yang tentunya akan membahayakan diri si pengendara dan orang lain yang menggunakan jalur lalu lintas kendaraan,”jelas Bripka Lelangluan kepada wartawan saat diwawancarai, Minggu (20/3/22).

Menurutnya, selain pelanggaran Kamtibmas yang disasar para personel, dilakukan juga pemantauan terhadap kewajiban masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker serta mencegah bertemunya niat dan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya.

“Jika kedapatan ada warga masyarakat yang melanggar Kamtibmas, para personel Sat Samapta ini meluangkan waktunya untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas yang dilakukan secara dialogis dan mengajak peran aktif masyarakat dalam membantu tugas-tugas Kepolisian agar dapat memberikan informasi sekecil apapun tentang kejadian atau aksi-aksi yang melanggar hukum,”ujarnya.

Baca Juga:  Tunda Wisuda, Poltek Masohi Diduga Telantarkan Mahasiswa

Ia menambahkan hal itu dilakukan, guna membangun rasa simpati masyarakat terhadap POLRI bahwa kehadiran POLRI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman.

“Dalam giat patroli kali ini, kami tidak menemukan situasi Kamtibmas yang menonjol,”tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi prokes dan memantau arus lalin dengan menertibkan pengguna jalan yang melawan arus, tidak mengunakan helem, dan berbonceng lebih dari 2 orang.

“Sempat didapati para pengendara yang lawan arus namun mereka menyadari kesalahannya dan meminta maaf serta berbalik arah mengikuti arah lalin yang benar. Jadi dapat dikatakan, selama pelaksanaan patroli, situasi Kamtibmas terpantau aman terkendali,” tutupnya. (SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.