Kondisi Cuaca Ekstrim, Pj. Wali Kota Himbau Warga Waspada Bencana

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menghimbau warga kota Ambon yang berdomisili pada bantaran sungai dan lereng – lereng gunung agar mewaspadai kondisi cuaca ekstrem di Kota Ambon.

Himbauan disampaikan ini menyusul kejadian bencana yang disebabkan intensitas hujan pada Senin (4/7/2022) hingga Selasa (5/7/2022) kemarin.

“Diperkirakan curah hujan lebat puncaknya pada bulan Juli, oleh karena itu warga kota Ambon yang mendiami daerah rawan bencana banjir, tanah longsor baik di bantaran sungai dan lereng-lereng gunung agar lebih waspada dan berhati-hati,” kata Pj. Wali Kota, Rabu (6/7/2022) di Masjid Al-Fatah.

Diakuinya, pada saat kejadian bencana, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui BPBD dan Dinas Sosial, maupun OPD terkait lainnya telah melakukan penanganan darurat sesuai dengan prosedur kepada warga yang terdampak.

Meski demikian, untuk kejadian pohon tumbang perlu mendapat perhatian ekstra Dinas Damkar Kota Ambon.

Untuk diketahui pada peristiwa bencana kemarin juga terdapat kejadian pohon tumbang di beberapa lokasi di kota Ambon.

“Saya sudah arahkan Kadis Damkar bahwa pohon – pohon yang ada disepanjang jalan harus kita tata sebelum tumbang dan menimpa warga. Jadi perlu dipangkas sebagian, bukan ditebang agar tidak membahayakan bila hujan lebat,” terangnya.

Arahan juga telah disampaikan Pj. Wali Kota kepada jajaran pemerintahan di tingkat Kecamatan, Desa/Negeri dan Kelurahan, agar terus siaga dan segera melaporkan bila terjadi kejadian bencana di wilayahnya.

“Kades/Raja/Lurah dan Camat, saya minta siaga dan segera melaporkan apabila ada kejadian bencana di wilayahnya, sehingga dapat ditindaklanjuti dan dilakukan penanganan darurat kepada warga yang terdampak,”pungkasnya.

Baca Juga:  Jasa Raharja Jamin Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *