Tingkatkan Budaya Islam di Maluku, Festival Alfatah Segera Digelar

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Panitia penyelenggara Festival Al Fatah akan menyelenggarakan kegiatan Festival Alfatah, yang akan di gelar pada 24 Februari 2024 mendatang.

Kegiatan Festival Al Fatah diketahui, untuk meningkatkan kebudayaan dan budaya Islam di Maluku.

Hal ini disampaikan Panitia penyelenggara Festival Al Fatah, Dr, H. Husbullah Toisuta kepada wartawan dalam konferensi pers yang bertempat di Media Coffee, lantai satu kantor Ambon Ekspres (Ameks), Senin 12/02/2024.

Ketua Panitia penyelenggara Festival Al Fatah, Dr, H. Husbullah Toisuta menjelaskan bahwa pada tanggal 24 Februari nantinya akan menyelenggarakan satu Event akbar yaitu Festival Alfatah. Apa yang di angkat tentang Festival Alfatah itu yakni ingin mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan masalah kebudayaan dan pembudayaan seni dan budaya islam di Maluku. Tentunya, tema pertama festival itu adalah merayakan kebudayaan dan budaya Islam Maluku.

“Kita pikir bahwa Alfatah ini adalah sentar kebudayaan islam Maluku, semua masyarakat maluku menganggapnya sebagai estalasi bagi kebudayaan islam Maluku. Seperti yang diketahui, walaupun pengetahuan kita seperti itu, tetapi banyak orang tau bahwa ada peran-peran pada aspek kebudayaan yang harus diperankan oleh Alfatah,”jelasnya.

Toisutta mengatakan selama ini orang tau bahwa Alfatah itu hanya sebagai pusat peribadahan, pusat permesjidan dan perjalanan ritual-ritual agama saja, maka kita ingin keluar dari situ, untuk memperkenalkan bahwa Alfatah itu memiliki peran dalam hal mensosialisaikan nilai-nilai kebudayaan islam maluku.

“Maka insya Allah dengan begitu pada tanggal 24 Februari 2024 acara puncak penyelenggaran festival Alfatah,” kata Toisutta.

Toisutta juga mengungkapkan Festival Al-fatah akan menjadi agenda tahunan, dimana akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari 24-29 Februai 2024, di Halaman Masjid Raya Al-fatah, Kota Ambon. Tujuan dari Festival ini iyalah, bagimana kita akan kembali kembangkan budaya-budaya islam di Provinsi Maluku lewat Kegiatan Festival tersebut, dikarenakan adat dan budaya sekarang ini mulai tidak terlihat lagi.

Baca Juga:  Dishub Ambon Akan Gelar Swiping Bagi Pengemudi Angkot Yang Belum Divaksin  

“Untuk itu akan kami kembangkan lagi budaya tersebut lewat Festival ini. Tak hanya budaya islam, kami juga akan kembangkan Musik yang bernuansa islam, dikarenakan Ambon dikenal sebagai kota musik. Kegiatan ini nanti akan di launching oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Launcing Festival Alfatah telah dilaksanakan pada tanggal 24 November 2023 lalu, dan puncak dari festival Alfatah pada tanggal 24 Februari 2024 malam.

Ada pun pemeran budaya islam di maluku berupa aneka UMKM Maluku seperti, kuliner khas Maluku, aneka oleh-oleh khas maluku dan produk fashion.

Tidak hanya itu, selain aneka UMKM Maluku, festival Alfatah juga menampilkan lomba budaya Islam di Maluku seperti Pop Religi, Fashion Show Busana Muslim dan Samrah.

Untuk samrah, nantinya akan dilakukan secara serentak dijalan AY Patty kota Ambon, bahkan untuk pameran budaya juga akan di ikuti sebanyak 10 Desa yang ada di Pulau Ambon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *