Roni Somar: Brigjen Said Latuconsina Layak Jadi Gubernur Maluku Periode 2024-2029

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON -Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Dr. Said Latuconsina,sangat layak menjadi gubernur Maluku untuk periode 2024-2029. Pasalnya, putra asli Maluku ini sangat paham tentang daerah yang di juluki negeri seribu pulau ini plus ahli dalam kemaritiman.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) Maluku kepada media via telepon selularnya, Minggu (5/5/24).

Menurutnya, figur yang cocok untuk memimpin Maluku harus bisa berkorban bagi negeri kelahirannya. Selain itu, mengerti akan identitas sebagai negeri raja-raja yang tentu tidak bisa dipisahkan dari budaya, kultur dan bahkan didalamnya tentang adat,salah satunya tentang laut yakni “Sasi”.

“Bukan semata-mata karena ketidakmampuan figur lain, tetapi karena kepercayaan yang di berikan tidak sesuai dengan potensi dan kapasitas yang mereka miliki,”tandasnya.

Ia mengatakan provinsi Maluku yang 90 persen wilayah laut yang memilki sumberdaya laut yang sangat berlimpah.

“Olehnya, keyakinan kami adalah hanya bisa mampu di kelola oleh orang yang mengerti dan memahami soal laut,”katanya.

Adapun argumentasi di atas berdasarkan beberapa fakta tentang Maluku hari ini:

1.Provinsi Maluku adalah provinsi paling termiskin nomor 4 di Indonesia dengan presentasi angka kemiskinan sebesar 16,30 persen dari total jumlah penduduk Maluku 2,2 JT jiwa. Presentasi perhitungan angka kemiskinan ini di hitung berdasarkan kebutuhan dasar.

2.Provinsi Maluku dengan presentasi luas wilayah 92,4 persen adalah wilayah laut dan 7,6 persen adalah wilayah darat ini memberikan fakta empiris bahwa Maluku adalah daerah pulau-pulau yang pola pembangunannya juga harus berbasis Maritim.

Oleh karena itu, daerah ini butuh pemimpin yg paham tentang maritim, maka sebagaimana yang dikatakan di atas Brigjen TNI (Mar) Dr Said Latuconsina layak untuk jadi Gubernur Maluku periode 2024-2029.

Baca Juga:  Ditpamobvit Polda Maluku Laksanakan Penandatanganan Surat Pernyataan Tidak Terlibat Judi Online

“Untuk itu,saya berharap masyarakat Maluku harus mengambil keputusan yang tepat. Sehingga, lima tahun akan datang kita tidak lagi terpuruk dari daerah lain di Indonesia,”harapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *