Pangdam XVI/Pattimura Tutup Pendidikan Pertama Bintara TA 2021, Ini Pesan Pangdam

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID : Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon menutup Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2020 di Lapangan Rindam XVI/Pattimura, Jumat (11/02/2022).

Pangdam berpesan dalam amanatnya, untuk itu pahami dan amalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan 11 Azas Kepemimpinan.

“Laksanakan semua aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, dan hindari segala bentuk perbuatan maupun perilaku yang dapat merugikan diri pribadi, keluarga maupun citra TNI AD dimata masyarakat”, tandas Pangdam.

Pangdam juga mengucapkan selamat kepada para mantan Prajurit Siswa Bintara beserta keluarga, atas keberhasilan yang telah diraih dalam menyelesaikan Pendidikan Pertama Bintara PK di Lembaga Pendidikan Secaba Rindam XVI/Pattimura.

Menurut Pangdam, meskipun sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, kalian juga tidak boleh melupakan nilai-nilai dasar keprajuritan yang bersumber dari sejarah perjuangan bangsa.

Pangdam menekankan jadilah Prajurit pejuang dan pejuang Prajurit yang melindungi dan dicintai Rakyat.

Setelah upacara penutupan selesai, ditampilkan acara tambahan berupa bela diri militer (BDM), bongkar pasang senjata, Mountenering yang ditampilkan oleh para mantan siswa Secaba yang mendapatkan apresiasi dari para tamu undangan yang hadir.

Selama mengikuti proses pendidikan, terdapat tiga siswa Bintara yang merupakan putra daerah Maluku berhasil meraih nilai prestasi tertinggi. Ketiganya, yakni Juara Umum dan Sikap serta Prilaku atas nama Serda Frans Tilukay, terbaik jasmani atas nama Serda Adam Dache Latuperisa dan terbaik akademik atas nama Serda Dwi Cahyo Nugroho.

Salah satu orang tua siswa berprestasi Ibu Adriana J Taraleu (orang tua Frans Tilukay) menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena anaknya telah diberi kesempatan untuk menjadi Bintara TNI AD.

Baca Juga:  Wagub Hadiri Rapimwil Ke-1 DPW PPP

Dengan penuh haru dirinya juga tidak menyangka bahwa anaknya bisa memperoleh juara umum.

Dirinya juga mengaku bahwa walaupun bukan dari keluarga yang berada namun bisa menjadikan anaknya seorang Tentara.

“Hal ini katong syukur sekali, apalagi katong bukan orang berada, semoga ini bisa jadi motivasi buat anak-anak Maluku lainnya”, ujar Adriana.

Selain itu, upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Penyumpahan Dikmaba PK TNI AD, Pangdam juga melantik 136 Bintara TNI AD TA 2021/2022 (OV).

Upacara tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura, seperti Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Samuel Hehakaya, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Adam Swarno Pangeran, Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Anggit Exton Yustiawan.

Bertindak selaku Komandan Upacara Komandan Secaba (Dansecaba) Rindam XVI/Pattimura Letkol Inf Alex Donald M.L Gaol.

Diketahui, Pendidikan pertama bintara yang dilaksanakan selama 20 minggu ini bertujuan untuk menempa seorang warga negara terpilih menjadi  Bintara TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan sumpah prajurit, pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan dan dasar golongan bintara serta kondisi jasmani yang samapta.(SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.