Berbagi Berkah Ramadhan, Pemkot Ambon Gelar Safari Ramadhan

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pemerintah Kota Ambon menggelar Safari Ramadhan melalui silaturahmi dengan masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan berbagi berkah ramadhan bersama masyarakat, di Halaman Masjid Daa’run Na’im, BTN Perumnas Wayame, kecamatan teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (3/4/23).

Kepala Desa Wayame Samsudin Menur mengatakan dalam bentuk kerukunan antar umat beragama di Kota Ambon, Pemerintah Kota Ambon menggelar kegiatan safari ramadhan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk kunjungan dan berbagi berkah ramadhan, untuk membentuk hubungan silaturahmi Pemerintah Kota Ambon dengan masyarakat desa wayame, khususnya umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan 1444 Hijriyah 2023 Masehi,”kata Samsudin.

Pj Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kota Ambon Fahmi Sallatalohy mengatakan dirinya menyambut gembira datangnya bulan suci ramadhan bagi umat islam karena bulan suci ramadhan ini merupakan bulan penuh keberkahan dan kemuliaan dimana segala amal ibadah umat islam dilipatgandakan dan pintu-pintu keberkahan maupun pengampunan terbuka seluas -luasnya.

“Kota Ambon telah dianugerahi berbagai penghargaan sebagai kota yang toleran dan menjunjung tinggi kerukunan umat beragama, meskipun pernah mengalami krisis sosial yang berkepanjangan, untuk itulah sebagai ungkapan syukur kita atas dukungan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelihara toleransi dan kerukunan,”katanya.

Dia menjelaskan di hari ini Pemkot Ambon berkunjung dan bersilaturahmi sekaligus berbagi kebahagiaan ramadhan dengan masyarakat khususnya masyarakat di desa wayame yang sementara menjalankan ibadah puasa dalam agenda safari ramadhan pemerintah kota ambon.

Menurutnya, safari ramadhan adalah wujud perhatian dalam upaya mempererat keharmonisan antara pemerintah dengan warganya, sehingga bermakna penting dan strategis dalam mendukung ambon yang harmonis, sejahtera dan religius.

“Biasanya kegiatan safari ramadhan diakhiri dengan acara buka puasa bersama, namun mengingat kita masih dalam upaya penyelesaian penanganan pandemi covid 19 yang saat ini masih dalam transisi dari pandemi menuju endemi, maka dalam 3 tahun terakhir ini acara buka puasa bersama kita tiadakan, sebagai gantinya paket sembako dengan takjil ramadhan kita adakan,”ujarnya.

Baca Juga:  TMMD Ke-119, Tokoh Pemuda Dusun Talaga Pange dan Bandari Beri Tanggapan Positif 

Dia mengungkapkan Pemerintah Kota Ambon akan membagikan 100 Paket Sembako dan 200 paket takjil untuk warga di desa wayame.

“Olehnya itu, melalui momentum safari ramadhan ini, selaku walikota ambon saya mengajak kita semua serta seluruh komponen masyarakat di kota ambon untuk tetap bersatu padu, terus perkokoh kerja sama dan kebersamaan kita dalam tugas-tugas pengabdian dalam membangun kota ini, terus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi serta senantiasa memelihara kerukunan umat beragama di kota ini karena kedamaian itu indah bagi kita semua,”ungkapnya.

Dia juga mengatakan dirinya percaya masyarakat Desa Wayame Yang beberapa waktu lalu, telah ditetapkan sebagai kampung moderasi beragama pertama di Kota Ambon, mampu untuk tetap mengaktualisasikan ikon desa wayame sebagai desa percontohan kerukunan umat beragama, desa yang tetap aman dan damai untuk warganya.

“Melalui kesempatan ini juga, saya mengajak kita semua khususnya pemerintah desa beserta perangkat dan masyarakat desa wayame agar dapat mendukung dan menyukseskan program-program prioritas di kota ini, yang salah satunya adalah mewujudkan “ambon bersih”, karena pemerintah tidak akan mampu mewujudkan ambon bersih jika tidak disertai dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat itu sendiri,”katanya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *