1804 Lulusan Unpatti Diwisudakan

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Sebanyak 1.804 lulusan Universitas Pattimura (Unpatti) diwisuda pada periode April bertempat di Gedung Auditorium Unpatti, Selasa (23/4/2024)

Ribuan lulusan berdasarkan Keputusan Rektor Unpatti Nomor:282 /UN13 /SK/2024

Para lulusan terdiri dari 937 lulusan sarjana, 6 lulusan profesi dokter, 743 lulusan profesi guru, dan 118 lulusan magister. Dari ribuan lulusan tersebut, 107 lulusan diantaranya berhasil mendapat predikat cumlaude.

Adapun 1.804 lulusan, periode April 2024, terdiri dari 937 lulusan sarjana, enam lulusan profesi dokter, 743 lulusan profesi guru, dan 118 lulusan Magister.

Yang dimana terbagi dalam, Fakultas Hukum 125 orang, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik 75 orang, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan 981 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 210, Fakultas Pertanian 45 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 32 orang.

Kemudian Fakultas Teknik 76 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 59 orang, Fakultas Kedokteran 23 orang, Program studi diluar kampus utama (Kepulauan Aru) 26 orang, Program studi diluar kampus utama (Maluku Barat Daya) 34 orang dan Pasca Sarjana 118 orang.

Wisuda berlangsung dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura Dalam Rangka Wisuda Sarjana Magister Doktor Pendidikan Profesi Guru Dan Program Studi Di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku barat daya periode April 2024.

Pada Periode April tahun 2024 sekaligus bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke 61 Universitas Pattimura.

oppo_0

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutanya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Kasrul Selang menjelaskan wisuda sekaligus perayaan Dies Natalis ini hendaknya tidak hanya dijadikan sebagai acara rutin yang bersifat seremonial semata, tetapi sebagai refleksi terhadap seluruh proses pengembangan pendidikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan pemantauan dan penilaian atas hasil-hasil yang telah dicapai oleh universitas ini.

Baca Juga:  Kapolda Terima Kunjungan Kakanwil Bea Cukai Maluku

“Tantangan perkembangan dunia yang pesat saat ini diperlukan generasi muda berkualitas yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu perguruan tinggi sangat merespons tuntutan perkembangan tersebut dengan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda yang berkualitas, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi,”jelasnya.

Menurutnya, generasi masa kini terutama para wisudawan universitas Pattimura Ambon mampu untuk tampil sebagai sumber daya manusia yang siap mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki agar memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional bahkan di tingkat global.

“Keberhasilan yang telah diraih oleh para wisudawan hari ini tidak semata-mata menjadi harapan dan kebanggaan para wisudawan, orang tua dan keluarga saja. Tetapi juga menjadi harapan dan kebanggaan kita semua baik sebagai warga masyarakat Maluku maupun warga negara dan bangsa Indonesia. Keberhasilan yang diperoleh saudara-saudara wisudawan tentunya merupakan modal investasi strategis yang harus kita optimalkan kapasitasnya untuk percepatan pembangunan di daerah Maluku,”tandasnya.

Selain itu, Gubernur juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Civitas akademika universitas Pattimura yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mendidik generasi muda Maluku secara terus meneruskan komitmen untuk melaksanakan peningkatan mutu pendidikan tinggi sehingga berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi ini menuju universitas dan berkelas dunia.

Sementara itu, Rektor Unpatti, Prof. Dr. Freddy Leiwakabessy dalam sambutannya mengatakan pada Periode April tahun 2024 sekaligus bertepatan degan Dies Natalis ke 61 Universitas Pattimura (Unpatti) pada hari ini, kebahagiaan dan sukacita yang kita rasakan hari ini adalah wujud dari kerja keras semua pihak,baik orang tua, Mentor,dosen,Pembimbing,Ketua program studi ketua Jurusan para wakil dekan, dekan para pegawai,Pemda Aru,Pemda MBD Pemda Provinsi Maluku, dan Lainnya.

Baca Juga:  Laskar Ganjar Puan Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Korban Konflik di Haruku

“Keberhasilan lulusan atau output yang kita hasilkan hari ini merupakan proses panjang yang telah dilalui sejak tahapan seleksi (input), hingga tahapan proses belajar mengajar kurang lebih 4-7 tahun. Para lulusan ini diharapkan menjadi sumber daya berkualitas dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi berupa hard skill, serta keterampilan dan karakter berupa soft skill yang akan membawa mereka berhasil di dunia kerja baik pemerintahan maupun swasta,”kata Rektor.

Rektor menambahkan, untuk menjadi lulusan yang berhasil di dunia kerja bahkan dapat menjadi entrepreneur muda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *