Hebat Kepsek SMP 1 Huamual SBB, Bersuka Cita Dalam Perayaan Maulid Meski Beda Keyakinan

  • Whatsapp

Piru, SNI.ID : SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Huamual, kabupaten Seram Bagian Barat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (24/10).

Perayaan hari lahir nabi terakhir umat Muslim itu dibuka langsung Kepala Sekolah, Agusthinus K Masihin, S.Pd.

Selain dihadiri ratusan pelajar menengah, jajaran dewan guru, hadir pula pemerintah desa Iha dan Kulur dan ketua BPD, Mummat Kaisupy beserta staf.

Kepada wartawan saat dikonfirmasi, Agusthinus mengakui perayaan Maulid nabi merupakan momentum penting untuk dirayakan.

“Saya menyadari sungguh, peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan. Sebagaimana kami laksanakan kemarin,” akui Kepsek yang akrab disapa Agus tersebut.

Untuk diketahui, Agustinus merupakan abdi negara beragama kresten protestan dan sudah mengabdi di SMP N 1 Huamual sudah lebih dari 11 tahun lamanya.

Meski berbeda keyakinan, Agustinus mengaku bahagia melihat anak didik serta lembaga yang dipimpinya bersuka cita dalam momentum bersejarah tersebut.

“Kita dorong anak didik kita memperkuat nilai spritualitas, untuk kekohan lembaga tercinta kita.”

“Terlepas dari itu semua, kita pupuk silaturahmi antar lembaga pendidikan dengan masyarakat melalui pemerintah desa dalam agenda agenda seperti ini,” tambahnya.

Agustinus berharap, perayaan hari-hari besar seperti Maulid dan lainnya harus ditingkatkan dan dipertahankan.

Kegiatan ini memberikan makna sangat dalam, menyegarkan kembali bagaimana Rasulullah berkata dan berbuat untuk menjadi suri tauladan bagi umat Muslim.

Ditegaskan, makna dan pesan baik dalam perayaan ini harus diterima dengan lugas terutama kepada anak anak didik kita.

“Kita perlu me-upgrade setiap tahun, fungsinya untuk mengingkatkan kembali, mengembangkan dan mengaplikasikan sunah-sunah beliau sebagai harta kekayaan yang bernilai tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Memasuki Hari Ketiga, Babinsa Kodim 1504/Ambon Menerima Vaksin Covid-19

Penceramah atau hikmah Maulid nabi SMP N 1 Huamual adalah ustat Fajrin Selan. Pemuda negeri Iha-Kulur yang dikenal cukup penguasaan ilmu agama terlebih berkaitan dengan penerapan sunah-sunah Rasulullah dalam kesehariannya.

Sebagaimana diketahui, Kalender Islam memasuki bulan ketiga yakni bulan Rabiul Awal. Terdapat sejumlah keutamaan bulan Rabiul Awal, termasuk salah satunya kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa ini membuat bulan Rabiul Awal dikenal juga dengan bulan Maulud atau bulan Maulid Nabi.

Bulan Rabiul Awal terdiri dari 29 hari sehingga bakal berakhir pada Jumat, 5 November 2021. Rabiul Awal akan dilanjutkan dengan bulan Rabiul Akhir pada Sabtu, 6 Oktober 2021 mendatang. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *