Siapkan Lelang Parkir, Untuk Masa Transisi Dishub Kota Ambon Tunjuk Pihak Ketiga

  • Whatsapp

Ambon, SNI.ID – Dinas Perhubungan Kota Ambon sementara menyiapkan proses Lelang Parkir untuk tahun 2023.

“Kita sementara mempersiapkan tim sekretariat untuk melakukan proses pelelangan terhadap kegiatan parkir tepi jalan umum di tahun 2023.” ungkap Robby Sapulette, kepada media ini, Sabtu (14/01/2023), di Media Center Balai Kota Ambon.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette mengatakan, untuk pelaksanaan parkir 2023, Dishub pakai dua mekanisme. Mekanisme pertama dibagi dalam 3 zona, yaitu zona A, B, dan C.

Kadishub menjelaskan, untuk zona A itu adalah zona digital yang cakupannya pada ruas jalan A. Y. Patty, ruas jalan A. M. Sangadji, dan ruas jalan Diponegoro.

“Zona A ini merupakan zona digital dimana pembayarannya bersifat non-tunai atau elektronik parkir. Elektronik parkir ini kerja sama antara pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Perhubungan, dengan Bank Maluku-Malut selaku Bank Daerah. Pembayaran itu nantinya ke rekening Kas Daerah yang ada di Bank Maluku-Malut, dan saat ini pihak Bank Maluku-Malut sementara mempersiapkan seluruh peralatan, aplikasi yang akan digunakan, dan sesuai dengan pernyataan dari direktur umum Bank Maluku bahwa direncanakan akhir Januari itu sudah kita laksanakan uji coba.” beber Kadishub.

Untuk zona A, pengelolaan parkir akan ditangani Dishub melalui juru parkir (jukir) yang telah dilatih.

Kemudian zona kedua, yaitu dua zona tambahan, zona B yang cakupannya berada diluar Pasar Mardika, dan zona C itu cakupannya di Pasar Mardika.

“Yang merupakan zona C, lokasinya itu dari jembatan Waitomu-Pantai Mardika sampai dengan Jembatan Waitentua-Pantai Batu Merah. Diluar daripada zona C, apakah didalam kota sampai Jl. Jendral Sudirman, MCM sampai ke dermaga Kota Jawa, itu adalah zona B.” terangnya.

Baca Juga:  Kasdim 1504/Ambon Berikan Arahan Kepada Pendaftar Calon Tamtama PK TNI-AD

Sapulette mengakui, untuk zona B dan C akan dilelangkan. Rencananya nanti akan dilaksanakan proses pengumuman itu minggu ke-tiga bulan Januari. Dengan demikian harapannya pada awal Februari 2023 seluruh proses pengadaan jasa pengelola parkir itu sudah siap untuk dilaksanakan.

Mengingat adanya jeda waktu antara kontrak pengelolaan parkir tahun 2022 dengan pihak ketiga yang telah berakhir pada 31 Desember 2022, dengan proses lelang sampai dengan pengumuman pemenang pengelola parkir 2023, maka terjadi kekosongan pengelola parkir pada masa transisi tersebut. Untuk mengisi masa transisi tersebut, Kadishub mengakui telah melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak ketiga yang dinilai berhasil menjalankan kerja sama dengan baik.

“Ada masa transisi dari tanggal 1 Januari sampai dengan penetapan kontrak 2023/kontrak pengelola 2023. Setelah evaluasi, maka dalam masa transisi yang kurang lebih diperkirakan 5 minggu Dishub menunjukkan salah satu perusahaan yang selama ini menangani pengelolaan parkir di tepi jalan umum, yaitu CV. Arka Mandiri Sejahtera, untuk mengelola parkir di masa transisi.” jelasnya

Ia mengatakan, perusahaan ini ditunjukkan berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari OPTD pengelola parkir, maka perusahaan di tunjuk untuk melakukan pungutan retribusi, membantu Dinas Perhubungan untuk melakukan pungutan retribusi selama masa transisi.

Kadishub mengakui telah menandatangani perjanjian kerja sama antara CV. Arka Mandiri Sejahtera dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pungutan dimaksud.

“Penunjukkan ini sesuai prosedur. Karena inikan masa transisi. Kalau dalam masa transisi tidak dilakukan pungutan karena menunggu sampai kontrak, ini kan repot. Karena kita sementara menggalangkan penerimaan daerah. Nah kurang lebih 5 minggu inikan harus dipungut.”

Sapulette menambahkan, karena target kita untuk perparkiran di 2023 ini kurang lebih Rp. 8 M. Sehingga untuk mencapai target itu kita harus star dari tanggal 1 Januari, kalau 5 minggu tidak dipungut, otomatis akan menurunkan penerimaan daerah. Oleh karena itu selama kurun waktu 5 minggu ini tetap dilakukan pungutan. (SNI-03)

Baca Juga:  Walaupun Rintik Hujan, Pengibaran Bendera Merah Putih Berlangsung Lancar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *