Kapolda Maluku Terima Kunjungan Wakil Ketua LPSK RI

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum, menerima kunjungan silaturahmi dan audiensi dari Wakil Ketua LPSK RI, Wawan Fahrudin, S.Sos., M.E.

Kedatangan Wakil Ketua (Waka) LPSK RI bersama sejumlah stafnya diterima hangat oleh Kapolda di ruang tamu Kapolda, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (20/6/2024).

Dalam pertemuan dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Kapolda didampingi Direktur Reskrimsus dan Direktur Reskrimum Polda Maluku.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolda atas kesediaan waktunya menerima kunjungan ini,” kata Wawan Fahrudin.

Wawan kala itu juga memperkenalkan diri dan sejumlah staf yang mendampinginya. Ia mengaku sebagai pejabat baru dilantik dan diambil sumpah.

“Kami merupakan pimpinan baru di LPSK RI yang satu bulan lalu diambil sumpah dan dilantik oleh Bapak Presiden RI dengan jabatan Wakil Ketua LPSK RI,” kata Wawan Fahrudin.

Ia mengungkapkan tujuan kedatangannya di Maluku yaitu untuk melaksanakan kegiatan Perlindungan Berbasis Komunitas Sahabat Saksi dan Korban.

“Untuk diketahui, meskipun Maluku bukan daerah dengan tingkat tindak pidana yang tinggi, namun tetap mendapatkan perhatian dari LPSK dengan 57 permohonan yang masuk,” ungkapnya.

Menurutnya, kasus-kasus kekerasan seksual menjadi perhatian utama LPSK. Oleh karena itu, penting untuk membangun kolaborasi, koordinasi, dan komunikasi dengan Kepolisian RI.

“Kami berharap adanya dukungan dan kerjasama dari Polri, khususnya Polda Maluku,” harapnya.

Kedatangan rombongan LPSK RI disambut hangat oleh Kapolda Maluku. Ia berharap pertemuan hari ini merupakan awal dari hubungan kerjasama ke depan yang lebih baik antara Polda Maluku dengan LPSK RI.

“Kami Polda Maluku siap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LPSK. LPSK adalah salah satu mitra Polri dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. Hubungan antara Polda Maluku dan LPSK selama ini berjalan cukup baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Babinsa dan Warga Gotong Royong Bersihkan Masjid

Orang nomor 1 Polda Maluku ini berharap ke depan Polda Maluku dan LPSK dapat meningkatkan kerjasama dengan melaksanakan kegiatan secara bersama.

“Ke depan, saya berharap adanya kegiatan yang lebih meningkatkan hubungan baik sehingga Polda Maluku dan LPSK RI dapat bersinergi dalam penanganan kasus yang berkaitan dengan saksi dan korban sehingga kasus yang ada dapat ditangani dengan baik,” harapnya.

Kapolda pun menyoroti terkait berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang cukup tinggi di Maluku. Ia merasa prihatin dengan persoalan yang kerap terjadi akibat minimnya edukasi dan maraknya konsumsi minuman keras.

“Saya sampaikan terima kasih atas hubungan kita yang cukup baik selama ini, dan saya berharap fungsi Reskrim kita dapat terus mendukung LPSK,” pintanya.

Di akhir pertemuan Kapolda dan Waka LPSK RI saling bertukar plakat dan foto bersama sebagai bagian dari komitmen kerjasama ke depan dalam perlindungan saksi dan korban.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *